spot_img
BerandaNewsE-CommerceDi-Hack, Go-Jek Reset Password Pengguna

Di-Hack, Go-Jek Reset Password Pengguna

-

IMG-20160720-WA0000Jakarta, Selular.ID – Hari ini (20/7/2016), sebagian pengguna layanan Go-Jek mendapat SMS dan email dari manajemen yang mengintruksikan agar mengganti password aplikasi mereka.

“Demi meningkatkan pelayanan, tim kami sedang melakukan proses peningkatan protokol keamanan untuk akun Go-Jek Anda. Sebagai tindakan pencegahan kami telah me-reset password Anda. Password sementara telah dikirim melalui SMS ke nomor Anda yang terdaftar.”

Sebelumnya, pekan lalu beredar kabar bahwa sebagian akun pengguna Go-Jek telah bocor oleh peretas sehingga saldo Go-Pay mereka raib.

Menanggapi hal tersebut, Go-Jek akhirnya merilis pernyataan resmi:

“Kami ingin menegaskan bahwa tidak terjadi peretasan (hacking) sama sekali terhadap sistem Go-Jek.‎

Kami telah mendengar informasi mengenai penjualan akun-akun yang diretas dan melakukan investigasi lebih jauh terhadap hal ini. Hasil investigasi kami menunjukkan bahwa akun-akun tersebut diambil dari layanan online lain yang memiliki protokol dan sistem keamanan yang pernah diretas.

Para peretas (hacker) kemudian menemukan bahwa email dan password dari akun-akun tersebut sama dengan yang digunakan di akun-akun Go-Jek. Hal ini dapat terjadi karena banyak pengguna/pemilik akun menggunakan kombinasi email dan password yang sama untuk berbagai akun online.

Apa yang kemudian dijual oleh para hacker di berbagai platform media sosial adalah akun login dan password dari berbagai layanan pembayaran online lain, termasuk informasi di kartu kredit, akun login untuk situs e-commerce internasional, akun login untuk penyedia layanan online payment, dan lain-lain.

Go-Jek telah mengidentifikasi risiko ini sejak dini dan telah membekukan password dari akun-akun Go-Pay yang terkena dampak dari praktik ilegal ini. Meskipun yang diretas bukanlah sistem kami, namun Go-Jek telah berinisiatif mengembalikan nilai kredit Go-Pay dari pelanggan yang dirugikan.

Ke depannya, kami sangat menyarankan pemilik akun Go-Jek untuk memakai password yang berbeda dengan akun online mereka lainnya dan menggunakan kombinasi password yang lebih aman/ kuat.

Bila para pelanggan melihat terdapat kejanggalan pada aktivitas akun Anda, segera laporkan ke account@go-jek.com”

Artikel Terbaru