Begini Tips Pilih Kartu Eksternal Memori untuk Smartphone Baru Anda

unnamedJakarta, Selular.ID – Hari raya biasanya dijadikan momen tepat bagi konsumen yang ingin mengganti ponsel lawasnya, dengan perangkat yang jauh lebih canggih dan kekinian. Bagi yang sudah menyambut Lebaran kali ini dengan smartphone baru, tentu tidak luput untuk membeli perlengkapan tambahan

Dari berbagai aksesoris yang ada, memori eksternal menjadi salah satu produk tambahan pertama yang dicari setelah membeli ponsel baru. Hal ini biasa dilakukan, lantaran tidak semua perangkat dipersenjati slot internal memori yang besar. Saat ini kartu memori eksternal tipe microSD, menjadi yang paling populer.

Nah bagi konsumen yang ingin membeli kartu internal memori, ada yang perlu diketahui bahwa performa microSD sangat bergantung pada kelas dan kecepatan, serta kemampuan smartphone pengguna.

Lalu, apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih sebuah kartu microSD untuk smartphone Android baru Anda. Berikut tips ringan yang redaksi rangkum daru laman Android Pit.

1. Pastikan Perangkat Mendukung tipe kartu microSD

Tidak semua smartphone didukung slot microSD, sebagai gantinya vendor telah memberikan ruang penyimpanan internal berkapasitas besar. Oleh karenanya, pastikan ponsel Android Anda memiliki dukungan slot micro SD, agar bisa memperluas ruang penyimpanan internal.

2. Perbedaan SDHC dan MicroSDXC
Saat membeli kartu micro SD, pastikan kamu mengetahui perbedaan antara SDHC dengan SDXC. Perbedaannya terletak pada jumlah data yang bisa disimpan oleh keduanya.

SDHC atau secure digital high capacity bisa menyimpan hingga 32GB, sedangkan SDXC (secure digital extended capacity) mampu menampung data mulai 64GB dan di atasnya. Tapi sayangnya, microSD yang beredar di pasaran tak semuanya asli.

Untuk diketahui, banyak smartphone low-end tak mendukung kartu micro SDXC. Sehingga, penting untuk memastikan hal ini sebelum membeli kartu SDXC.

3. Arti Class disebuah kartu MicroSD
Kartu micro SD hadir dalam beberapa kelas atau class, misalnya 2, 4, 5, dan 10. Apa artinya? Rupanya, class menunjukkan tingkat minimum di mana kartu ini bisa mempertahankan transfer data.

Singkat kata, untuk Class 2, artinya microSD bisa membaca dan menuliskan data pada kecepatan 2Mbps. Sedangkan Class 10 bisa membaca dan menulis data pada 10Mbps.

4. Arti UHS Pada Kartu MicroSD
Sejak 2009, kartu micro SD tertentu kompatibel pada UHS-1 atau UHS-4. Secara teori, USH bisa dibilang kecepatan transfer data mencapai 312Mbps.

Saat ini, belum ada smartphone yang mendukung standar UHS. Karenanya, kecepatannya sangat berbeda dengan kecepatan kartu micro SD yang ada saat ini.

5. MicroSD yang baik, mempercepat kinerja smartphone

Apakah semakin baik kartu micro SD akan meningkatkan kinerja smartphone? Jawabannya ‘iya’.

Jika kita menyimpan aplikasi dan foto pada kartu microSD, maka microSD yang memiliki kecepatan lebih tinggi bakal menyimpan foto lebih cepat, meningkatkan kecepatan transfer data saat mentransfer data, serta menyimpan aplikasi lebih cepat.

Sedangkan jika membuka aplikasi yang ada di memori internal smartphone pasti akan membuat kinerja smartphone menjadi lebih lambat.