BerandaNews10 Juta Android Terinfeksi Malware HummingBad, Apakah Indonesia Salah Salah Satunya?

10 Juta Android Terinfeksi Malware HummingBad, Apakah Indonesia Salah Salah Satunya?

-

1467884237
Jakarta,Selular.ID  India dan Tiongkok disebut-sebut menjadi negara yang menjadi korban malware, dengan masing-masing negara mencapai 1 juta kasus.

Dari laporan terbaru yang dikutip Cnet, tidak hanya 1 juta kasus,namun ada lebih dari 10 juta perangkat Android di seluruh dunia telah terinfeksi oleh virus malware yang berasal dari Tiongkok.

Mengutip analisis dari perusahaan pembuat perangkat lunak (software) keamanan siber, Check Point, malware yang dikenal dengan sebutan HummingBad tersebut, dikembangkan oleh tim yang terkait dengan sebuah perusahaan yang bermarkas di kota Beijing, Yingmob.

Malware tersebut, disebutkan secara otomatis akan menginstal software ke perangkat Android yang terinfeksi, dan disinyalir digunakan untuk menghasilkan pendapatan secara ilegal bagi kalangan pelaku kriminal di dunia maya.

Mayoritas korban malware tersebut, disebutkan terbanyak berasal dari Tiongkok dan India, Laporan tersebut juga menyebutkan, sekitar seperempat juta perangkat Android di Amerika Serikat juga telah terinfeksi.

Apakah Indonesia juga menjadi negara yang terinfeksi Malware HummingBad? Mengingat negara-negara yang terinfeksi merupakan negara dengan pertumbuhan perangkat Android yang meningkat dan Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna Android cukup meningkat setiap tahunnya.

Artikel Terbaru