Jakarta, Selular.ID – Fenomena Screenager merupakan kelompok masyarakat yang memiliki beragam digital dan tidak pernah puas dengan satu layanan digital tertentu, fenomena ini muncul seiring dengan pesatnya trend digital serta adopsi perangkat mobile.
Melihat itu, Accenture melalui penelitiannya Digital Consumer Survei 2016, mengamati trend tersebut secara mendalam dan merilis hasil survei yang bertajuk Screenager++, Multiplied Experience, Real Time Emotions. Survei ini dilakukan akhir 2015, dengan melakukan survei terhadap 1000 responden di seluruh Indonesia direntang usia 14 tahun hingga 35 tahun.
Mohammed Sirajuddin (Siraj) Managing Director Digital Accenture Asean menyebutkan bahwa hasil survei itu mengungkapkan lima tren utama kelompok Screenager konsumen Indonesia.
“Tren ini merupakan fenomena tren digital dan pesatnya pengguna mobile, yang mengunggah kami melakukan survei,” ujar Siraj.
Lebih jauh Siraj mengungkapan 5 Tren tersebut. Tren pertama yakni multiplier effect, dimana konsumen melakukan beragam aktivitas dengan mengandalkan perangkat mobile.
Kemudian tren kedua adalah perkembangan penggunaan internet of thing (IOT) di perangkat mobile baik secara global maupun di Indonesia. Tren ini menunjukan bahwa banyak konsumen saat ini dikategorikan sebagai pengguna awal, namun masih menemukan kendala dalam menggunakan solusi perangkat intelejen secara optimal.
Tren ke tiga lost in transformission, dimana tren ini mengamati prilaku konsumen dalam hal privasi, keamanan dan kualitas layanan. Ini menunjukan bahwa konsumen mengutamakan layanan dan pengalaman yang real time cepat dan aman.
Tren ke empat adalah the way you make me feel, dimana tren ini menggaris bawahi bahwa nama besar sebuah brand saja tidak cukup untuk memenangkan hati konsumen, terlebih karena karakter mereka yang semakin kritis dan kemampuan mereka mendapatkan informasi secara real time dengan bantuan teknologi digital.
Tren kelima fokus pada brand engagement yang menunjukan keterlibatan konsumen oleh layanan yang tepat keserhanaan, identitas, privasi dan produk.
Siraj menambahkan 5 tren ini merupakan semakin pesatnya adopsi beragam mobile dan tren digital yang telah mendorong Indonesia tumbuh menjadi pasar ekonomi terbesar di ASEAN.
$Pertumbuhan pengguna digital kian menarik pelaku usaha untuk melebarkan sayap bisnisnya di Indonesia. Untuk itu kemampuan penyedia produk dan layanan digital diharapkan mampu bersaing secara sehat untuk memenangkan hati konsumen,”harap Siraj.
Sebagai informasi, Accenture merupakan perusahaan yang menyediakan berbagai layanan dan solusi dalam strategi, konsultasi digital teknologi dan informasi.