Sunday, July 12, 2020
Home Apps Samsung Pay Bisa Dioperasikan di iPhone?

Samsung Pay Bisa Dioperasikan di iPhone?

-

Samsung-Pay-MiniJakarta, Selular.ID – Pembayaran mobile semakin luas diaplikasikan. Samsung, ingin turut andil dalam gerakan itu dengan mengeluarkan Samsung Pay.

Samsung Pay melakukan debutnya tahun lalu di Amerika Serikat dan Korea Selatan. Kemudian perusahaan mengenalkannya di negara China dan Spanyol. Selanjutnya, pada 16 Juni 2016, layanan pembayaran mobile itu akan diluncurkan di Singapura, menjadikannya negara kelima yang akan ditambahkan ke dalam daftar.

Berbeda dengan empat negara sebelumnya, peluncuran Samsung Pay di Singapura akan istimewa. Biasanya, Samsung Pay hanya berfungsi terbatas untuk ponsel Samsung saja, namun kali ini vendor bekerja sama dengan mitra operator lokal Singtel guna bisa memperluas jangkauannya.

Dalam pengumuman resmi, Samsung menyatakan “akan mengeksplorasi potensi kolaborasi di ruang pembayaran mobile” dengan Singtel. Pengumuman itu mengindikasikan layanan yang akan bisa diterapkan di platform lainnya, bukan terbatas di perangkat Samsung.

Ditambah, akhir bulan lalu tersiar kabar bahwa perusahaan akan mengeluarkan aplikasi Samsung Pay Mini, yang akan menyuguhkan kompatibilitas lebih luas dan fungsi cross-platform, bahkan ke iOS.

Karena dirancang “mini”, fungsinya pun akan terbatas. Aplikasi Samsung Pay Mini hanya akan fokus secara eksklusif pada pembayaran online, tanpa mendukung pembayaran contactless Samsung Pay standar yang menggunakan Magnetic Secure Transmission (MST).

Teknologi MST merupakan fitur unggulan Samsung Pay. Teknologi itu memungkinkan sistem pembayaran besutan vendor Korea Selatan, untuk bekerja seperti layaknya pita magnetik di kartu kredit. Itu berarti Samsung Pay akan bisa berfungsi di mana saja, tak terbatas platform atau pun issuer.

Apakah itu berarti Samsung akan membuka layanannya ke perangkat merek lain, sampai ke rival Apple? Kita tunggu saja peresmiannya akhir pekan ini.

Selain lima negara di atas, Samsung belum mengumumkan ekspansi layanannya untuk wilayah lain, termasuk Indonesia.

Latest