Beranda Smartphone India Segera Gulirkan Smartphone Seharga Rp54.000

India Segera Gulirkan Smartphone Seharga Rp54.000

-

ringingbells-freedom251Jakarta, Selular.ID – Awal tahun ini rakyat India dikejutkan dengan pengumuman dari salah satu produsen elektronik domestik yang mengatakan tengah merancang sebuah smartphone yang akan dijual seharga $4 atau setara dengan Rp54.000. Percaya atau tidak, ternyata itu benar adanya, dan pengiriman segera dimulai akhir bulan ini.

Dinamakan Freedom 251, ponsel sudah siap dikirimkan pada 30 Juni untuk mereka yang telah melakukan pre order. Dirancang oleh perusahaan India bernama Ringing Bells, ponsel menyuguhkan spesifikasi “ala kadarnya” bila dibandingkan dengan perangkat lain yang ada di pasaran.

Handset 3G memiliki layar 4 inci, kamera belakang 8MP dan kamera menghadap ke depan 3.2MP untuk selfie. Baterai berkapasitas 1800mAh sudah ditenagai prosesor quad-core 1.3GHz dan RAM 1GB. Ada juga penyimpanan seluas 8GB, serta slot microSD hingga 32GB, dan sudah mengadopsi OS Android 5.1 Lollipop.

Ketika diumumkan, banyak orang yang meragukan kualitas perangkat. Begitu banyak pihak yang bertanya-tanya sehingga menyebabkan Asosiasi Seluler India melobi Menteri Telekomunikasi Negara itu untuk mencari tahu bagaimana Ringing Bells akan bisa memenuhi targetnya.

Dikutip dari The Indian Express (27/6/2016), Pendiri dan CEO Ringing Bells Mohit Goel mengatakan “Kami belajar dari kesalahan kami dan memutuskan untuk diam sampai kami benar-benar mengeluarkan produk yang dimaksud. Sekarang kami memiliki ponsel dual-SIM 4-inci yang siap dikirimkan. Saya merasa senang,” ujarnya.

Harga $4 jika dikonversi ke Rupee sekitar Rs251 (seperti kode ponselnya), dan sepertinya tidak akan menghasilkan banyak uang ke kas Ringing Bells kecuali ponsel itu benar-benar populer. Goel mengatakan ia menderita kerugian sebesar Rs150 untuk tiap-tiap perangkat, tetapi ia senang bahwa mimpi “menghubungkan pedesaan dan masyarakat miskin India sebagai bagian dari inisiatif ‘Digital India’ dan ‘Make in India’ telah terpenuhi dengan ‘Freedom 251’.”

Artikel Terbaru