Thursday, October 22, 2020
Home News Gartner Prediksi Penjualan Smartphone Akan Melambat di 2016

Gartner Prediksi Penjualan Smartphone Akan Melambat di 2016

-

pengguna smartphone 2016
Jakarta, Selular.ID – Beberapa tahun belakangan pertumbuhan smartphone mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Setelah mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun belakangan, namun lembaga riset pasar Gartner memprediksi bahwa penjualan smartphone diperkirakan bakal melambat pada 2016.

dikutip Phone Arena prediksi lembaga riset Gartner menyebutkan bahwa penjualan smartphone global hanya akan tumbuh 7% menjadi 1,5 miliar unit sepanjang tahun ini. Estimasi tersebut hanya setengah dari pertumbuhan penjualan smartphone pada 2015 yang masih tercatat sebesar 14,4%.

Roberta Cozza Direktur Riset Gartner melaporkan, bahwa pasar smartphone tak akan lagi tumbuh secepat tingkat pertumbuhannya dalam tujuh tahun terakhir. Smartphone mencatat pertumbuhan tertinggi pada 2010, sebesar 73%. Tingkat penetrasi smartphone saat ini sudah mencapai 90% di pasar-pasar negara maju seperti Amerika Utara, Eropa Barat, dan Jepang sehingga memperlambat laju pertumbuhan.

Terlebih lagi, para konsumen di wilayah-wilayah ini tak lagi getol mengganti smartphone seperti tahun-tahun sebelumnya.“Di pasaran negara maju, pengguna ponsel premium memperpanjang siklus (pembelian) menjadi 2,5 tahun, dan ini tak akan berubah secara drastis dalam lima tahun ke depan,” lanjut Cozza.

Prediksi Gartner senada dengan lembaga riset pasar lainnya, IDC, yang telah lebih dulu memperkirakan laju pengapalan smartphone pada 2016 bakal menurun menjadi hanya tumbuh 3 persen dibanding tahun lalu.

Latest