Wednesday, June 19, 2019
Home Fokus Dirut Telkomsel : Network Sharing Tidak Wajib !

Dirut Telkomsel : Network Sharing Tidak Wajib !

-

Ririek Adriansyah, Dirut Telkomsel
Ririek Adriansyah, Dirut Telkomsel

Jakarta, Selular.ID – Rencana Network Sharing terus berhembus kencang . Tidak seperti operator lainnya, Telkomsel terkesan kurang setuju dengan rencana ini. Bahkan Dirut Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan Network Sharing jangan menjadi kewajiban. Kenapa ?

 

Telkomsel saat ini memang memiliki jaringan yang paling luas dibandingkan operator lainnya. Jadi mungkin wajar jika operator pemimpin pasar ini tidak ‘bergairah’ dengan rencana berbagi jaringan. Karena ketika Telkomsel sudah menggelar jaringannya secara luas dan mengungguli cakupan operator lain, begitu rencana Network Sharing dilaksanakan maka operator lain berpotensi untuk menyamai jangkauan Telkomsel. Karena memungkingkan operator lain menumpang ke jaringan Telkomsel.

 

“Network sharing tidak wajib. Kalau mau dilakukan seharusnya modelnya business to business” ujar Ririek. Lebih lanjut Ririek menjelaskan, jika Network Sharing diwajibkan dikhawatirkan operator akan saling menunggu siapa yang akan membangun jaringan. Karena begitu ada operator yang membangun jaringan, maka operator lain bisa ikut nimbrung di jaringan tersebut.

 

Ririek juga menjelaskan, efek lain dari Network Sharing yaitu akan sulit untuk menjaga kualitas jaringan. “Misalkan di suatu daerah hanya dibangun satu jaringan, dan dipakai bersama-sama oleh beberapa operator, jika jaringan tersebut koleps, maka semua layanan operator juga ikutan koleps. Tapi tidak begitu jika ada beberapa jaringan, jika yang satu koleps, masih ada jaringan lainnya” terang Ririek.

 

Ririek juga mengaitkan Network Sharing dengan lisensi layanan selular yang dimiliki tiap operator. Menurutnya jika saling berbagi jaringan ini berarti kewajiban membangun jaringan yang ada di tiap lisensi tidak terpenuhi. “Padahal frekuensi itu adalah sumber daya yang terbatas, sayang kalau disia-siakan” ujarnya.

Latest