spot_img
BerandaReview Smartphone & Gadget TerlengkapReview Samsung Galaxy S7: Penerus Flagship, Optimalkan Kamera dan Kinerja

Review Samsung Galaxy S7: Penerus Flagship, Optimalkan Kamera dan Kinerja

-

Samsung-Galaxy-S7Jakarta, Selular.ID – Tujuh generasi sudah smartphone andalan Samsung dirilis. Demi mempertahankan konsistensinya Samsung banyak memperbaiki dari seri pendahulunya, sebagai raja smartphone Android dikelas premium, desain Galaxy S7 dibentuk lebih menawan dan kokoh dengan material frame logam yang ergonomis. Bagaimana kemampuan seutuhnya, simak review-nya berikut ini.

[quote_box_center]

Keunggulan:

  • Desain kokoh dan menarik
  • Bodi anti air
  • Kinerja mumpuni
  • Fitur kamera lengkap

Kelemahan:

  • Support VR headset tapi tidak termasuk dalam paket penjualan

[/quote_box_center]

 

Bodi Menawan

Secara garis besar, jika dilihat pada bagian depan Galaxy S7 memiliki desian yang terbilang mirip dengan pendahulunya Galaxy S6. Namun jika layarnya dari bagian belakang nampak berbeda pada  lekukan tubuh belakang yang agak melengkung kebagian sisi-sisinya. Dimensianya sedikit lebih kecil, namun lebih tebal 1.1 mm dibandingkan samsung Galaxy S6.

Secara keseluruhan, bentuk ini membuat pegangan tangan lebih nyaman. Pembaharuan dari sisi desain yang mengarah positif adalah lensa kamera yang kini lebih rata dengan bodi, dimana sebelumnya di Galaxy S6 bagian lensa kamera tampak menonjol. Dengan desain ini maka lensa tidak mudah baret, jika diletakan pada posisi layar di atas. Tidak hanya itu, secara estetika ponsel juga jadi terlihat lebih menawan.

Untuk penempatan tombol serta komponen lain seperti tombol, port dan penunjang navigasi, Galaxy S7 masih membenamkan tombol fisik home di bawah layar yang berfungsi juga sebagai pemindai sidik jari. Tombol power di sebelah kanan dan tombol volume di sebelah kiri. Di bagian bawah ada speaker, micro USB serta headphone jack.

Menggunakan konsep unibodi, pengguna bisa memasang slot nano SIM Galaxy S7 di bagian atas. Menggunakan dua slot pada slot kedua, pengguna dapat memasangkan microSD sampai kapasitas 200 GB, jika tidak ingin menggunakan slot ini sebagai selot SIM card. Dengan adanya slot MicroSD maka memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk dapat menyimpan data pada ponsel. Hal ini  cukup bagus, mengingat fitur ini sempat absen pada Galaxy S6.

Selanjutnya>>

[nextpage title=”Anti Air”]

Anti Air

Tidak hanya menawan, desain Galaxy S7 sangat kokoh dan solid. Karena samsung memberikannya perlindungan lebih dengan membenamkan sertifikasi sertifikasi IP68, sehingga ponsel menjadi tahan air dan debu. Dengan sertifikasi ini maka Samsung Galaxy S7 dirancang untuk dapat bertahan di dalam air maksimal 1,5 meter selama setengah jam.

Samsung Galaxy S7_2Meski desainnya mirip dengan Galaxy S6 yang tanpa kehadiran penutup port, namun Samsung cukup berhasil membuat desain tahan air tetap elegan dan cantik. Dengan fitur ketahanannya terhadap air maka, pengguna Galaxy S7 tidak perlu saat menggunakannya saat hujan-hujanan. Tidak hanya itu pengguna.

Memiliki kemampuan tahan terhadap aitu kami sempat mencoba banyak untuk menggunakan smartphone ditengah hujan lebat, ponsel ini masih dapat digunakan dengan lancer tanpa ada masalah.

Selanjutnya>>

[nextpage title=”Kamera”]

Kamera

Meski seri sebelumnya telah membenamkan kamera 16 MP, resolusi pada kamera Samsung Galaxy S7 malah menurun menjadi 12 MP, namun begitu pada seri terbarunya ini Samsung menyematkan lensa dual pixel yang merupakan ponsel pertama yang menggunakan teknologi tersebut. Lensa kamera ini diklaim mampu meningkatkan kemampuan autofocus yang sangat cepat meskipun benda tersebut bergerak dengan akurasi gambar layaknya melihat dengan mata sendiri.

kameraTeknologi sensor kamera Samsung Galaxy S7 juga telah memiliki resolusi sebesar 1.4 Umpixel serta tingkat pembukaan lensa yang lebih besar yakni F1.7, sehingga mampu meningkatkan pencahayaan lebih besar. Didalamnya juga tersedia Motion Panorama adalah salah satu fitur unggulan kamera pada Samsung Galaxy S7. Fitur ini untuk pertama kalinya pengguna dapat menangkap foto panorama bergerak, sehingga foto panorama yang dihasilkan lebih dinamis dan lebih hidup.

Baca juga :  Review Oppo Reno6, Performa Apik, Kamera Ciamik

koneksi

Dengan kemampuan kameranya, foto Galaxy S7 sangat mengagumkan, bahkan bisa dibilang memiliki kamera smartphone terbaik di tahun ini. Berkat fitur P68 Camera dan Video Capability sehingga smartphone dapat mengambil gambar di dalam air, baik photo maupun video dapat dilakukan dengan kamera depan (selfie) dan belakang, juga dapat bersinggungan dengan debu. Kemampuan Optical Image Stabilizer dan Video Image Stabilizer yang lebih baik berkat peningkatan kualitas lensa dan kamera secara general yang lebih baik dari sebelumnya. Hasil gambar maupun video yang terekam menjadi lebih stabil meskipun berupa objek bergerak.

Baca juga :  Keberadaan Samsung Galaxy M52 5G Semakin Jelas, Kantongi Daya 5000 mAh

Selanjutnya>>

[nextpage title=”AMOLED”]

AMOLED

Sebagai smartphone flagship, Samsung tidak lupa gunakan layar teknologi SUPER AMOLED. Masih berukuran sama seperti pendahulunya 5,1 inch, tampilan Galaxy S7 masih memilii kualitas resolusi yang sama dengan pendahulunya, namun kali ini Samsung memasang fitur Always-On pada layar. Meski handset tidak aktif, ada banyak informasi penting yang bisa ditampilkan di layar seperti jam, kalender atau notifikasi.

geraTampilannya sangat terang dan nyaman di mata, apalagi dengan warna yang jernih khas layar Amoled. Diatas OS Android Marshmallow, Samsung masih melapisinya user interface TouchWiz. Seperti pada produk Samsung lainnya, tampilan S7 nampak semakin bersih dan sederhana.

interfaceUntuk para gamer Samsung telah menyiapkan Game Launcher, yakni fitur tambahan baru untuk para gamer, memungkinkan pengguna mengelola penggunaan baterai dan mengurangi notifikasi. Selain itu, Anda dapat mengambil gambar berupa pengalaman gaming atau berbagi layar untuk bermain dengan gamer lainnya.

Selanjutnya>>

[nextpage title=”Exynos”]
Exynos

Sejatinya Samsung Galaxy S7 telah didukung dengan processor Exynos 8890  dan Snapdragon 820 64 Bit Octa Core. Namun untuk pasar Indonesia akan mendapatkan processor Exynos 8890.  Performa GPU ini diklaim 30% yang lebih kuat dibendingkan sebelumnya. Tidak hanya itu, jika pada Galaxy S6 hanya mendapatkan RAM 3GB, dan Samsung Galaxy S7 telah sudah ditingkatkan menjadi RAM 4GB.

gamesSamsung Galaxy S7Jika pada seri sebelumnya Samsung memberikan pilihan pengguna kapasitas memori internal 32/64/128 GB tanpa slot memori Eksternal, namun kali ini di Samsung Galaxy S7 hanya memiliki satu varian 32GB dengan dibekali slot memori eksternal yang bisa ditambahkan hingga 200GB. Disisi grafis Samsung Galaxy S7 dibekali teknologi Vulkan API. Dengan teknologi ini diklaim memiliki kemampuan membuka aplikasi atau permainan (games) dengan performa grafis meningkat 63,9% dibandingkan seri sebelumnya.

FiturKetika coba diukur soal benchmark dengan AnTuTu, skor yang diraih Galaxy S7 mencapai 120ribu. Dengan skor ini dipastikan Samsung Galaxy S7 dapat menjalankan game berat seperti Asphalt8: Airborne atau game-game VR yang tersedia di Google Play. Dalam penggunaan yang kami lakukan, semuanya berjalan dengan mulus dan tidak ada gejala lag dalam perpindahan layar, multitasking dan sebagainya.

BenchmarkSamsung juga dibekali dengan sistem pendingin internal mencegah reaksi mudah panas (overheating) pada perangkat dengan beberapa aplikasi aktif. sistem pendingin ini disebut dengan liquid cooling, sebuah pipa tipis yang didalamnya terdapat kandungan air diletakkan tepat didalam Samsung Galaxy S7. Jika terjadi panas berlebih akan terbaca oleh sistem, dengan otomatis heat pipe tersebut akan menguap demi mendinginkan prosesor. Sehingga untuk para pengguna yang sering memainkan game tidak perlu khawatir ponsel cepat panas.

S7 punya baterai dengan kekuatan 3000 mAh, sedikit lebih tinggi dibandingkan Galaxy S6 yang hanya 2550 mAH. Dengan kapasitas ini Samsung Galaxy S7 mampu bertahan sampai satu setengah hari pada pemakaian normal.

spot_img

Artikel Terbaru