Beranda Review Smartphone & Gadget Terlengkap Hands-on: Menjajal Smartphone Berkepribadian Ganda, Coolpad Max

Hands-on: Menjajal Smartphone Berkepribadian Ganda, Coolpad Max

-

IMG_20160517_162342

Bali, Selular.ID – Pasar smartphone Tanah Air nampaknya tak pernah sepi dari kontestan. Yang terbaru dan cukup menyita perhatian datang dari Coolpad lewat amunisi anyar Coolpad Max. Dibanderol seharga Rp5 juta, sejatinya apa yang ditawarkan oleh Coolpad Max tidak perlu diragukan. Pun demikian, untuk sekedar memberi gambaran soal Coolpad Max, tidak ada salahnya jika kita menjajal seberapa apik smartphone ini. Yuk, mari.

Desain

Tidak diragukan bila Coolpad Max menawarkan desain ciamik. Coolpad Max menyajikan desain uni body. Kesan elegan timbul berkat material logam yang digunakan untuk membungkus bagian belakang smartphone ini. Begitupun dengan layarnya yang sudah menerapkan curved glass 2.5D ditambah dengab bezelnya yang tipisnya kian membuat smarphone ini terasa enak dipandang.

Secara umum, Coolpad menyajikan tampilan desain berbentuk kotak bersudut tumpul. Diakui atau tidak, sepertinya desain smartphone ini terinspirasi dari tampilan iPhone 6.

Di Coolpad Max, kita bisa menemui berbagai komponen penting, seperti tombol power di sisi sebelah kanan dan tombol volume di sisi kiri. Sementara di sisi bagian bawah kita akan menemui sejumlah komponen lai seperti port micro USB dan lubang speaker. Untuk di sisi bagian atas terlihat bertengger jack audio 3.5 mm. Selanjutnya di bagian belakang, di sini akan kita temui adanya sensor kamera belakang di bagian atas dan fingerprint sensor di bagian bawah, serta logo Coolpad. Dengan bodi tipis 7,6mm dan bobot 170g, membuat smartphone ini cukup nyaman dan solit di genggaman.

Layar

Seperti disebut di atas, Coolpad hadir menyuguhkan layar berdiagonal 5.5 inchi yang mendominasi bagian muka. Dengan resolusinya yang sudah full HD dengan rasio kontras 1500:1 dan color gamut 95%, membuat Coolpad Max bisa menyajikan pengalaman visual yang sangat memuaskan. Selain itu, Coolpad telah dilindungi lapisan Corning Gorilla Glass 4 untuk menjaga Curved Glass 2.5D agar lebih tangguh.

Kamera
Pada sektor alat bidik momen, Coolpad Max menyajikan kamera utama 13MP dengan diafragma f/2.0 yang diperkuat dengan teknologi ISOCELL CMOS untuk menghadirkan lebih banyak cahaya. Sementara lensa 6P yang dimanfaatkan Coolpad juga mampu meminimalisir distorsi warna untuk menghadirkan foto yang berkualitas. Selain itu, Coolpad Max juga dilengkapi dengan teknologi Phase Detection Auto Focus (PDAF) untuk fokus yang lebih cepat dan Dual Tone LED flash untuk membuat hasil foto menjadi lebih natural.

Berdasarkan pengalaman penulis menggunakan fitur kameranya, hasil bidikan yang disajikan cukup memuaskan. Gambar masih tersaji dengan cukup tajam dan baik walau diambil dari tempat dengan kondisi cahaya yang kurang terang.

Dual Space

Coolpad Max datang dengan salah satu fitur unggulan bernama Dual Space, bahkan diklaim sebagai yang pertama di dunia. Dengan fitu ini pengguna dimungkinkan untuk memisahkan kehidupan personal dengan profesional, tanpa perlu menggunakan dua smartphone sekaligus. Selain itu, fitur Dual Space juga memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan dua akun Facebook, WhatsApp, BBM, Line, dan aplikasi lainnya dalam sebuah smartphone, berkat fitur BiLogin.

Tak cukup sampai di situ, Coolpad juga memanfaatkan teknologi enkripsi yang mampu menghadirkan perlindungan kedua sisi kehidupan Anda. Sehingga, setiap data, kontak, foto, video, dan aplikasi yang tersimpan dalam smartphone dapat terlindungi tanpa perlu khawatir terjadi kebocoran data.

Kinerja
Untuk menopang kinerjanya, Coolpad Max diotaki oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 617 MSM8952 1.5 GHz 64 bit Octa-core plus ditandem dengan RAM 4GB.

Screenshot_2016-05-17-23-41-49

Secara umum kinerja smartphone tergolong apik dan sudah menjawab tuntutan, baik untuk multitasking atau main game berat sekalipun. Kinerja apik Coolpad Max juga terlihat dari hasil benchmark-nya, yang berhasil mencetak skore hingga 44149.

Menariknya lagi, smartphone ini juga telah memyematkan teknologi Qualcomm Quick Charge 3.0 dan charger 9V/2A. Cukup dengan mengecas smartphone selama 5 menit daya yangbterkumpul sudah bisa digunakan untuk telepon hingga lebih dari 2 jam.

Belum 4G

Untuk ukuran smartphone berbanderol Rp5 juta, rasanya cukup disayangkan lantaran Coolpad Max belum bisa support teknologi jaringan 4G. Lagi-lagi disebabkan terbentur aturan TKDN, smartphone ini ternyata masih mengusung teknologi 3G untuk pasar Indonesia.

Artikel Terbaru