Beranda News Walaupun Investasi Besar, NFV Bisa Hemat Hingga 40/%

Walaupun Investasi Besar, NFV Bisa Hemat Hingga 40/%

-

image

Jakarta, Selular.ID. Walaupun investasi yang dikucurkan untuk mengadopsi teknologi Network Functions Virtualuzation (NFV) cukup besar, namun teknologi ini cukup efisien.

Budi Harjono, VP Network Planning and Development  XL Axiata menuturkan dalam presentase biaya, efisiensi rata-rata yang didapatkan jika menggunakan NFV dalam mengimplementasikan suatu layanan baru mencapai 30% hingga 40%, jika dibandingkan dengan cara tradisional.

Sebagai gambaran Budi mencontohkan, ketika hendak memproduksi suatu produk baru misalnya internet of thing (IoT) dengan NFV XL bisa memanfaatkan server yang sudah ada sebagai gateway IoT atau M2M.

“Tidak mungkin dilakukan jika tanpa NFV, dimana XL harus menggunakan hardware appliance terpisah, proses pengadaan, instalasi, integrasi dan tahapan-tahapan lain lagi,” kata Budi

Budi menuturkan keunggulan NFV lainnya adalah kemampuan dalam mendukung peningkatan kapasitas jaringan secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan. Seperti saat menghadapi lonjakan seperti dihari besar keagamaan atau libur panjang.

XL Axiata sendiri sudah menerapkan NFV mulai 2016. Dalam menerapakan NFV ini, XL bekerjasama dengan perusahaan penyedia jaringan seperti Cisco System. Budi menambahkan teknologi NFV ini sudah mulai diterapkan oleh operator di negara-negara maju.

Artikel Terbaru