Monday, June 24, 2019
Home Apps Surabaya Kini Punya Aplikasi Ponsel Untuk Perizinan

Surabaya Kini Punya Aplikasi Ponsel Untuk Perizinan

-

ssw-surabayaJakarta, Selular.ID – Penduduk kota Surabaya kini memiliki aplikasi mobile khusus kependudukan. Kemarin (25/4/2016), Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meluncurkan aplikasi Surabaya Single Windows (SSW) di balai kota.

Layanan SSW sebenarnya sudah diterapkan sejak tiga tahun lalu namun berbasis online web. Kini layanan diperbarui menjadi tampilan mobile application. Sehingga diharapkan, tampilan ini akan semakin mempermudah layanan perizinan di Kota Surabaya.

Penduduk Surabaya sudah bisa mengunduh aplikasi di Play Store dan App Store. Akan ada tiga item menu, yakni Pendaftaran, Monitoring, dan Kontak Kami. Sedangkan untuk menu pendaftaran terdapat tiga item, yaitu Perindustrian dan Perdagangan, Pariwisata, serta Kependudukan.

Apabila item itu diklik, akan muncul layanan paket-paket perizinan yang bisa diurus, seperti perindustrian dan perdagangan, ada SIUP (surat izin usaha perdagangan), TDP (tanda daftar perusahaan), IUTS (izin usaha toko swalayan), dan TDG (tanda daftar gudang).

Sedangkan untuk data kependudukan, masyarakat langsung bisa mengunggah berkasnya. Khusus untuk akta lahir dan akta kematian, ada hologram yang menjadi dokumen resmi dari pemerintah, yang nantinya akan dikirim pakai pos.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya Antiek Sugiharti mengatakan tidak semua layanan bisa masuk di SSW Mobile App. Salah satunya izin mendirikan bangunan (IMB). Pasalnya, dalam IMB, harus dicantumkan peta bangunan yang sulit diunduh.

Aplikasi ini khusus untuk pengguna smartphone, sementara bagi penduduk yang belum memiliki ponsel pintar, bisa mengunjungi layanan e-Kios yang ada di kantor-kantor kecamatan, untuk memudahkan warga Surabaya dalam pelayanan perizinan. (edk)

Latest