Friday, July 19, 2019
Home News Market Update Penjualan Pulsa Elektrik Menurun, Apa Penyebabnya ?

Penjualan Pulsa Elektrik Menurun, Apa Penyebabnya ?

-

SIM-CARD-OPERATORJakarta, Selular.ID – Sejumlah penjaga dan pemilik konter ponsel mengeluhkan penjualan isi ulang pulsa yang kian menurun. Bukan hanya di tempat tertentu, hal itu terjadi di banyak kios, baik di perumahan atau pun gerai penjaja isi ulang pulsa di pusat-pusat perbelanjaan.

Ayu, yang membuka konter ponsel sekaligus pulsa di ITC Depok, mengaku kalau bisnis isi ulang pulsanya terus menurun dari hari ke hari. Ayu mengacu pada isi pulsa elektrik, sementara voucher fisik, dikatakannya sudah lama sekali mandek. Bila ada konsumen yang mencari voucher fisik, tidak seberapa banyak jika dibandingkan dengan pulsa elektrik.

Alasan penurunan penjualan, lagi-lagi sama. Seperti dulu konsumen lebih memilih pulsa elektrik daripada voucher fisik, karena perbedaan harga keduanya. Padahal nominal pulsa yang dijajakan sama besar. Ayu memaparkan kalau selisih rupiah menjadi pertimbangan konsumen saat mengisi pulsa.

Tren itu ditengarai akibat mobile banking yang kian menjamur. Pelanggan selular kini lebih suka mengisi pulsa melalui ponsel, contohnya lewat mobile banking.

Jika seseorang sudah pernah isi ulang pulsa dari mobile banking, pasti ia tahu kalau harganya sama dengan besaran pulsanya. Beda dengan harga di konter. “Di sini, misalnya pulsa elektrik nilai 10 ribu dijual 12 ribu atau paling banter 11 ribu. Kalau di bank kan tetep 10 ribu. Itu dia yg bikin orang lebih seneng isi pulsa lewat mobile banking, dari pada beli di konter,” papar Ayu.

Memang tidak semua konsumen memiliki rekening tabungan di bank sehingga bisa isi ulang pulsa lewat mobile banking. Namun Ayu meyakini walau pun seseorang tidak memiliki rekening, mayoritas mereka punya teman atau kenalan yang punya tabungan di bank. Sehingga seringnya mereka kirim chat untuk diisikan pulsa. Karena itu lah sekarang banyak pelanggan yang enggan mengunjungi konter jika hanya sekadar isi pulsa.

Kendati penjualan pulsa menurun, Ayu tak berkecil hati. Sama seperti konter-konter lainnya, Ayu menggenjot penjualan di konternya melalui penjualan kartu perdana. Menurutnya, kartu perdana yang sudah berisi kuota internet sedang banyak diincar konsumen yang ingin berinternet di ponsel. Bahkan, penjualan kartu perdana data diakui Ayu lebih laku daripada isi ulang pulsa saat ini.

Latest