Sunday, June 16, 2019
Home Headline Berapa Harga Pasang Iklan di Facebook?

Berapa Harga Pasang Iklan di Facebook?

-

FacebookJakarta, Selular.ID – Facebook Inc baru saja merilis laporan pendapatan di kuartal pertama tahun 2016. Berulang kali, perusahaan menegaskan dominasinya sebagai produsen mobile advertising, dengan laba per kuartal hampir tiga kali lipat dibandingkan kinerja sejumlah rival dari Silicon Valley.

Pada hari Rabu (27/4/2016), media sosial terbesar itu mengatakan pendapatan iklan melonjak 57% pada kuartal pertama menjadi $5,2 miliar (sekitar Rp68.744 triliun) dari $3,3 miliar. Mobile ad, yang harganya lebih tinggi daripada iklan di desktop, menyumbang sekitar empat-per-lima dari pendapatan itu.

Bersama dengan laporan keuangan, perusahaan juga memaparkan total pengguna Facebook yang tetap tumbuh menjadi 1,65 miliar dari 1,44 miliar pada kuartal pertama tahun lalu. Perusahaan meraup pundi-pundi dolar lebih banyak tiap-tiap pengguna, dengan rata-rata $3,32 (sekitar Rp44.000), dibandingkan dengan $2,50 di tahun sebelumnya.

Kinerja memuaskan itu mendorong saham Facebook naik 8,8% pada perdagangan after-hour, mengangkat valuasi pasar perusahaan di atas $330 miliar (sekitar Rp4.362.600 triliun).

Laporan tersebut menjadi bukti kuat bahwa Facebook masih memiliki daya tarik bagi pengiklan pada saat banyak perusahaan yang mengalihkan dana anggaran mereka, dari cetak dan televisi, untuk iklan digital.

Facebook mengatakan harga iklan rata-rata meningkat 5% pada kuartal pertama, karena banyak pengiklan lebih memilih iklan mobile daripada desktop. Perusahaan pemasaran teknologi Kenshoo mengatakan tarif iklan mobile sekitar $4,39 (Rp58.000) per 1.000 tayangan pada kuartal pertama, lebih dari dua kali lipat biaya di desktop yang hanya $2,17.

Sementara iklan video juga tengah mendapat momentum. Facebook terus berupaya menarik anggaran iklan televisi ke platyformnya dengan mempromosikan konten video berkualitas tinggi di news feed perusahaan.

Biaya iklan video Facebook sekitar $4 (Rp53.000) per 1.000 views selama kuartal pertama, naik dari $3,44 tahun lalu, menurut data analisis dengan Kenshoo.

Hasil laporan Facebook di atas, sangat bertentangan dengan arus kinerja yang mengecewakan dari perusahaan teknologi lainnya. Awal pekan, Apple Inc melaporkan penurunan pendapatan kuartalan pertama dalam 13 tahun, sedangkan pendapatan kuartal pertama Twitter Inc jatuh jauh dari harapan. Juga Alphabet (Google) yang tidak bisa memenuhi ekspektasi analis pekan lalu. (edk)

Latest