spot_img
BerandaNewsStartup Periklanan Indonesia Ini Ekspansi Ke India

Startup Periklanan Indonesia Ini Ekspansi Ke India

-

image

Jakarta, Selular.ID – Perusahaan teknologi asal Indonesia yang mengolah purchase intent data, hari ini mengumumkan ekspansi tim dan layanannya ke India, sebuah pasar e-commerce yang sedang berkembang pesat sehingga merupakan lingkungan ideal untuk mengembangkan bisnis dan juga tim engineer perusahaan.

Ini merupakan langkah terbesar Adskom setelah menerima investasi seri A dari Geniee, Convergence Ventures, dan East Ventures pada bulan Juli 2015. Dibangun oleh dua Co-Founder asal Indonesia yakni Italo Gani (CEO di Asia Tenggara) dan Daniel Armanto (CTO), ADSKOM juga memiliki tim di Amerika Serikat, Rusia, Singapura, dan India.

Menurut firma riset pemasaran, media, dan commerce digital eMarketer, pasar iklan digital India akan melampaui angka USD 1 miliar (Rp 13 triliun) di tahun 2016. Iklan display digital mendominasi industri di negara tersebut, mewakili lebih dari 60% total pengeluaran iklan digital di India. Industri ini pun terus bertumbuh sebesar 20% setiap tahunnya, dan transaksi programmatic advertising akan mengambil lebih dari 65% hingga 70% pangsa pasar dari seluruh pembelian iklan di India.

“Adskom melihat kesempatan luar biasa pada sektor e-commerce India yang sedang berkembang pesat,” ujar Italo. Indiadikatakan Italo memiliki ukuran pasar yang tepat dan masih berada di periode pertumbuhan. Dari perspektif ini, India adalah negara terbaik sebagai destinasi operasi kami selanjutnya.

Perusahaan yakin bahwa mereka siap berekspansi ke India setelah membukukan pertumbuhan fantastis di Indonesia pada tahun 2015. Adskom berhasil membangun bisnis yang saling menguntungkan dengan sejumlah pemain e-commerce besar di Indonesia sebagai klien dan mitra data, dan omzetnya pun bertumbuh dua kali lipat setiap kuartalnya.

Menurut Italo ini adalah waktu yang tepat untuk mereplikasikan sistem bisnis Adskom ke pasar India. Dengan 50 anggota tim di dalam negeri, Adskom Indonesia akan memberikan dukungan untuk aktivitas bisnis di India dan secara paralel mempersiapkan tim lokal di sana.

Baca juga :  Dijual Rp3-4 Jutaan, Infinix Zero X Series Suguhkan Kamera 60x Telescope Zoom

Untuk pasar India sendiri Adskom telah mengangkat Rajeev Saxena sebagai Country Director Adskom di New Delhi. Rajeev memiliki segudang pengalaman di dunia iklan digital, ia sebelumnya memegang posisi sebagai Business Director for Southeast Asia and India di perusahaan data, analisis, dan SaaS (Software-as-a-Service) bisnis Acxiom. Sebelumnya, sebagai Director di firma pembelian media berbasis ilmiah AdzCentral, Rajeev menjalankan kontrak bernilai jutaan dollar untuk hotel, maskapai penerbangan, institusi pendidikan, dan masih banyak lagi. Rajeev juga pernah bekerja dengan Exponential, sebuah firma ad-network global sebagai General Manager, di sana ia memegang transaksi iklan digital bernilai jutaan dollar.:-)

Baca juga :  YouTube Music Versi Web memiliki fitur Casting Tab

Berdasarkan sebuah laporan dari Asosiasi Perusahaan Software dan Services Nasional India, India merupakan ekosistem startup ketiga terbesar di dunia dengan lebih dari 100 akselerator, 200 angel investor aktif, 150 perusahaan modal ventura, dan lebih dari 4.200 startup yang aktif. Banyak dari perusahaan tersebut bergerak di industri e-commerce, dan memberikan potensi yang sangat besar bagi Adskom untuk mengakuisisi  klien.

Layanan ADSKOM mencakup Data Management Platform (DMP) bernama VASA, dan Agency Trading Desk (layanan real-time bidding dan ad exchange) bernama ACTIO, dengan menggabungkan kedua hal ini, pemasar, publisher, dan pelaku bisnis dapat mengoptimasi pengeluaran iklan mereka dengan menargetkan pengguna spesifik dengan pesan yang tepat, di waktu yang tepat, dan di tempat yang tepat. Semua layanan ini sudah tersedia di India.

“Kami berencana mengembangkan  tim di seluruh India menjadi 10 orang di akhir tahun untuk memperkuat ekspansi. Kami paham bahwa India sangatlah unik, dan bisnis kami harus memiliki tim lokal untuk menjalin kerjasama dengan pengiklan, perusahaan e-commerce, dan publisher lokal. Kami yakin data lokal dan hubungan yang baik akan menjadi kunci untuk memenangkan pasar India,” ujar Italo.

spot_img

Artikel Terbaru