Sunday, May 26, 2019
Home News Ini Alasan XL Incar UKM Untuk Layanan 4G-nya

Ini Alasan XL Incar UKM Untuk Layanan 4G-nya

-

IMG_20160326_43421Jakarta, Selular.ID – Salah satu strategi yang dilakukan XL dalam mengembangkan bisnisnya, khususnya untuk layanan 4G, yaitu dengan melakukan Reinvent. XL berupaya menggarap potensi pasar lain, salah satunya UKM (Usaha Kecil Menengah). Karena menurut operator ‘si Biru’ ini, potensi pasar UKM sangat menggiurkan.

“Pertumbuhan layanan ICT (Information Communication Technology) termasuk kebutuhan konektivitas, selama kurun waktu 2015 – 2016 tumbuh sebesar 7-8 % untuk pasar perusahaan. Sedangkan untuk pasar UKM, tumbuh mencapai 10-11%” ungkap Direktur / Chief Digital Service Officer XL, Ongki Kurniawan.

Untuk menggali lagi potensi UKM, Ongky menambahkan, XL juga melakukan survey kepada 250 UKM yang tersebar di area Jabodetabek. Dari survey tersebut, ternyata diperoleh fakta bahwa UKM sudah mulai memanfaatkan dan menganggap penting layanan ICT. “Ada sekitar 20% dari UKM yang kami survey, ternyata sudah memanfaatkan online shop sebagai salah satu jalur distribusi mereka” ujar Ongky.

Lebih lanjut Ongky menjelaskan ada lebih dari 45% UKM sudah menyediakan akses intenet untuk karyawannya. Namun lebih dari 40% UKM ternyata tidak puas dengan kecepatan akses internet yang digunakan untuk mendukung bisnis selama ini. Sedangkan untuk akses internet mobile broadband, sebenarnya ada 70% UKM yang sudah memanfaatkan, tapi masih terbatas menggunakan perangkat sendiri.

“Data survey tersebut terlihat pasar UKM sangat potensial. Apalagi penggunaan akses mobile broadband diprediksikan akan tumbuh 30% dalam 5 tahun ke depan” ujar Ongky. Untuk itulah XL menyediakan layanan Infinet yang khusus ditujukan untuk menyasar pasar UKM. “XL menargetkan ada 50 sampai 70 subscriber layanan Infinet sampai akhir tahun 2016” tambah Ongky.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest