Friday, February 21, 2020
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Review Wiko Pulp Fab: Masih Andalkan Koneksi 3G

Review Wiko Pulp Fab: Masih Andalkan Koneksi 3G

-

frontJakarta, Selular.ID – Mengawali tahun 2016, vendor ponsel asal Perancis, Wiko Mobile meluncurkan model terbaru, yakni Pulp Fab. Seri Pulp Fab sejatinya memiliki varian 3G dan 4G. Smartphone dengan layar lapang 5,5 inci ini merupakan varian 3G yang dibanderol dengan harga yang terjangkau. Bagaimana kemampuan dan fitur kelengkapannya? Simak review lengkapnya berikut ini.

[quote_box_center]

Kelebihan

  • USB OTG
  • Performa bagus
  • Layar luas

kekurangan

  • Tanpa koneksi 4G

[/quote_box_center]

Desain
Mengikuti tren ponsel Android, Wiko Pulp Fab mengusung desain bar. Tidak mengusung konsep unibodi, tubuhnya terbuat dari material plastik dengan casing belakang yang bisa dilepas. Backcovernya juga dilapisi dengan lapisan tekstur kulit jeruk dengan finishing karet, sehingga ponsel terasa kesat saat digenggam, tidak mudah tergelincir dari tangan.

Sejatinya Wiko Pulp Fab tersedia dalam dua kombinasi warna, hitam dengan lis metal berwarna silver, dan putih dengan lis metal berwarna gold. Dengan kombinasi ini maka ponsel ini cocok untuk pengguna yang mengedepankan tampilan.

Pada bagian dasar layar Wiko Pulp Fab polos tanpa kehadiran tombol kapasitif, karena Wiko menempatan tiga tombol utama Back, Home, Menu secara virtual di dalam layar bagian bawah. Sementara bagian atas layar, bertengger kamera sekuncer bersama earpiece dan lampu LED untuk notifikasi dan logo Wiko di sudut kiri.

rightSayap kiri ponsel dihiasi volume rocker dan tombol power/lock key yang berbentuk balok tipis, sedangkan sayap kanan bersih tanpa ornamen. Jack audio 3,5mm berada di kepala body, sementara port charging diletakkan di bagian bawah bersama mikrofon.

Android Lollipop
Wiko telah membenamkan berteknologi IPS display dengan bentang 5,5 inci akan memanjakan mata Anda. Dengan resolusi HD 1280×720 piksel, ideal untuk menikmati hiburan multimedia, tanpa menguras baterai secara berlebihan. Sayangnya, layar belum dilapisi Gorilla Glass, jadi pengguna sebaiknya melindungi permukaan depan dengan tempered glass yang harus dibeli terpisah untuk ketahanan layar yang lebih lama.

Music

Ponsel ini berjalan diatas Android 5.1 Lollipop untuk memperindah tampilan Wiko melapisinya dengan interface kostumisasi khusus untuk ponsel ini. Tidak menghadirkan fung app drawer pengguna bisa langsung memilih aplikasi yang tersedia pada halaman homescreen.

InterfaceSalah satu fitur yang bisa diakses langsung dari layar, adalah Smart Awake, yakni shortcut ke aneka aplikasi favorit, langsung dari keadaan ponsel terkunci. Misalnya, Anda bisa menggambar huruf C untuk otomatis membuka aplikasi kamera atau huruf M untuk media player, tanpa perlu menyentuh tombol power dan membuka kunci layar. Customize, Anda bisa mengatur huruf lain untuk fungsi berbeda.

13 Megapiksel
Menoleh ke belakang, Wiko telah menyematkan kamera 13MP ditemani LED flash terletak di sudut atas, dengan logo Wiko Mobile di bagian tengah, dan corong speaker di bagian bawah yang berbentuk memanjang. Kamera ditopang fitur Professional Mode guna memastikan pengguna mendapatkan hasil gambar berkualitas. Juga dilengkapi fitur panorama dan night shot untuk hasil foto yang kreatif.

Fitur lain untuk menikmati fitur multimedia dengan dihadirkan bernama Floating video player, yakni memungkinkan pengguna tetap bisa menikmati video bersamaan dengan aktivitas lain seperti mengetik SMS atau lainnya. Layar video akan mengecil, dan bisa digeser ke sudut yang Anda inginkan.

kameraOctacore
Mengintip jeroan-nya, kinerja Wiko Pulp Fab ditopang chipset Mediatek dengan prosesor Octa-core speed 1.4GHz. Didukung pula dengan Kapasitas RAM 2GB diharapkan ponsel mampu menjalankan fungsi multitasking dengan lancar. Untuk penyimpanan data tersedia internal storage 16GB yang bisa diekspan hingga 64GB melalui microSD.

Dari segi daya tahan baterai, Wiko menyiapkan kapasitas baterai sebesar 2820mAh. Dengan kapasitas baterai yang dimilikinya ini, ponsel mampu bertahan hingga satu hari penuh dnegan pemakaian yang tidak terlalu aktif, hanyan beberapa kalil browsing dan streming.

Dengan dukungan spesifikasi yang dimilikinya, ponsel ini berhasil mendapatkan skor sekitar 28 ribu-an. Dengan skor ini maka Wiko Pulp Fab mampu disejajarkan dengan beberapa ponsel dikelas menengah. Kami juga ponsel ini dengan game berat sekelas Asphalt8:Airborne. Game ini dapat dijalankan dengan lancar tanpa masalah.

Bechmark
USB OTG
Salah satu keunggulan Wiko Pulp Fab adalah port charge bisa membaca file dalan flashdisk melalui USB on-the-go. Selain untuk membaca, menyunting, dan memutar file yang ada di flashdisk, USB otg ini juga bisa dimanfaatkan pecinta game untuk pengalaman gaming yang lebih seru, dengan menancapkan mouse atau joystick melalui koneksi bluetooth, sehingga kontrol game lebih akurat. Sayangnya, Wiko tidak memasukkan kabel adapter di dalam paket penjualan, artinya, pembeli harus membelinya secara terpisah.

fitur

Slot dua buah SIM card dan satu microSD, terletak di bagian belakang. Anda harus melepas casing belakang untuk menancapkan SIM yang berukuran micro. Sementara untuk mengangkat dan memasukkan microSD card, Anda harus mengangkat baterai ponsel terlebih dahulu. Sayangnya, kedua slot SIM hanya mampu bekerja di jaringan GSM, HSPA+, dan HSUPA. Jadi belum mendukung 4G LTE.

Latest