MekkahJakarta, Selular.ID – “Ibadah lancar komunikasi pun tetap lancar”, demikian bunyi slogan dari aplikasi Telkomsel Ibadah. Aplikasi ini menjawab kebutuhan jemaah yang akan beribadah umroh dan haji selama di tanah suci. Beragam konten disajikan terkait prosedur umroh dan haji, info produk, berita, peta lokasi, dan jadwal sholat. Juga terdapat uraian tata cara, doa-doa dan niat, serta nama dan istilah yang digunakan saat sedang menjalani umroh dan haji.

Aplikasi Telkomsel Ibadah yang sudah dapat didownload di Abdroid dan iOS, menunjukkan bahwa operator terbesar di Indonesia ingin lebih maksimal dalam melayani jemaah umroh dan haji yang terus meningkat setiap tahunnya. Tak tanggung-tanggung, Telkomsel bahkan membangun GraPARI di kota Makkah yang berlokasi di Lantai P3 / Food Court di Grand Zam Zam/Abraj Al Bait (Depan Masjidil Haram). Alhasil, pelanggan tak perlu khawatir urusan komunikasi selama menjalankan ibadah umroh di tanah suci.

Seeing is believing, demikian kata peribahasa popular. Beruntung, dalam rangka ibadah umroh ke Tanah Suci (25 Februari – 4 Maret 2016), saya berkesempatan menjajal langsung layanan international roaming Telkomsel hasil kerjasama dengan operator setempat. Sebelumnya saya sempat tergoda untuk mencoba layanan dari operator setempat, seperti STC, Zain dan Mobily yang disebut-sebut lebih murah. Namun dengan pertimbangan kemudahan, akses komunikasi tak terbatas dan tetap efisien, saya lebih memilih untuk tetap menggunakan Telkomsel dengan memilih paket yang ditawarkan.

Satu hari sebelum berangkat ke Tanah Suci, sebagai pelanggan setia Kartu Halo, saya pun menyempatkan diri mampir ke GraPARI BSD yang terletak di belakanga Grha Telkom, Serpong, Tangerang Selatan untuk mengaktifkan international roaming. Setelah memperoleh giliran pelayanan dan menjelaskan tujuan untuk beribadah umroh, customer service langsung menjelaskan dua paket roaming yang bisa dipilih selama di Arab Saudi. Yakni, paket internet roaming dan paket 3 in 1 roaming.

Paket internet roaming hanya khusus untuk pelanggan yang mengakses layanan data. Terdiri dari dua jenis, yakni paket internet 9 hari dengan biaya Rp 275 ribu dan dan paket internet 14 hari sebesar 375 ribu.

MobilyJika pelanggan ingin mengakses internet dan juga layanan basic (voice dan SMS), bisa memilih paket 3 in 1 roaming. Paket ini juga menawarkan dua pilihan, yakni paket 9 hari seharga Rp 340 ribu. Keuntungannya, selain akses internet, pelanggan dapat menelpon dan di telpon dari dan ke Indonesia selama 30 menit, serta mengirim 30 SMS. Sementara dengan paket 14 hari seharga Rp 500 ribu, selain akses internet 45 menit, pelanggan dapat menikmati waktu berbicara hingga 45 menit baik untuk menelpon dan menelpon ke Indonesia, plus 45 SMS.

Karena lebih membutuhkan layanan data dan saat ini komunikasi juga sudah bisa menggunakan media sosial, terutama WhatsApp dan Line, saya pun memutuskan untuk memilih paket internet 9 hari. Paket ini saya aktifkan saat tiba di Tanah Suci dengan menghubungi *266#.

Pilihan paket internet ternyata tepat. Selain kemudahan mencari informasi seputar dunia Islam dan faedah-faedah beribadah umroh lewat mesin pencari, saya juga tetap up date dengan berita-berita yang terjadi di Tanah Air. Tentu termasuk memantau berita-berita yang tayang di Selular.ID setiap harinya.

Keuntungan lain adalah, komunikasi dengan pesan dan gambar menjadi mudah dengan media sosial. Berkirim foto menjadi sangat menyenangkan. Cepat dan mudah, sekaligus menggugah emosi bagi penerima. Masing-masing media sosial punya kelebihan, baik Facebook, WhatsApp, maupun Line. Tiga media sosial favorit saya.

Khusus untuk Line, saya sangat memanfaatkan platform media sosial ini untuk layanan video. Meski belum sepenuhnya sempurna, namun panggilan video dengan Line sudah cukup mengobati rasa kangen dengan keluarga di rumah. Dengan bertatap langsung membuat komunikasi terasa real, meski itu hanya di layar smartphone.

Selama di Mekkah dan Medinah, dua operator yang kerap muncul dalam layar smartphone adalah Zain dan Mobily. Itu artinya, Telkomsel mengandalkan dua jaringan milik operator tersebut untuk mendukung kenyamanan beribadah pelangggannya. Saya pun menilai kedua operator ini punya jaringan yang cukup mumpuni. Tak ada kendala berarti kecuali saat bus yang saya tumpangi melintasi perjalanan di daerah rural menuju tempat-tempat bersejarah di masa syiar Islam oleh Nabi Muhammad SAW, seperti Jabal Rahmah, Jabal Tsur dan Bukit Uhud. Secara umum, roaming international yang dijalin Telkomsel dengan operator lokal di Arab Saudi, terbukti menambah kenyamanan jemaah seperti saya dalam menjalankan ibadah umroh.