spot_img
BerandaHeadlineReview Lenovo Vibe P1 Turbo: Bodi Lebar, Kapasitas Baterai Besar

Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Bodi Lebar, Kapasitas Baterai Besar

-

selular.id Site OverviewJakarta, Selular.ID – Resmi diluncurkan akhir bulan lalu, Lenovo Vibe P1 Turbo datang dengan mengunggulkan kemampuan daya tahan lama. Sebagai penerus dari seri Vibe, P1 Turbo menjadi smartphone flagship Lenovo dikelas menengah.

[quote_box_center]

Keunggulan:

  • Kapasitas baterai besar
  • Bisa menjadi powerbank bagi perangkat lain
  • Koneksi 4G/LTE
  • Dibekali sensor sidik jari

Kekurangan:

  • Bodi berat dan bongsor
  • Kurang nyaman digunakan dengan satu tangan

[/quote_box_center]

 

Besar dan Gemuk
Mengunggulkan baterai ekstra besar, mengakibatkan tubuh Lenovo Vibe P1 Turbo menjadi lebih besar dan gemuk alias tebal. Penggunaan dengan satu tangan mungkin agak kesulitan bagi mereka yang memiliki jari yang kecil. Dibentuk dengan warna yang kalem membuktikan bahwa smartphone ini diperuntukkan bagi pengguna profesional yang mengedepankan fungsi dan desain yang elegan.

Melihat Lenovo Vibe P1 turbo mengungatkan kita pada ponsel khas Samsung berkat tombol home fisiknya. Pada tombol ini Lenovo juga mengintegrasikan sensor sidik jari  tombol home. Tombol back dan recent dibentuk dengan tombol sentuh yang dilengkapi dengan backlit yang terletak di kedua sisinya. Memiliki konsep semi unibody, hampir seluruh tubuh Lenovo Vibe P1 Turbo dibalut dengan material logam, kecuali strip plastik di bagian atas untuk menyembunyikan slot untuk kartu SIM dan microSD card.

Lenovo Vibe P1 turbo dilapisi dengan lapisan yang mulus bagian belakang, membuat ponsel mudah slip saat digenggam. Namun karena bodinya yang agak berat mungkin pengguna harus menggunakan tenaga ekstra dalam menggunakannya. Pada bagian ini tersedia Kamera yang ditemani dual-tone LED flash yang berada di tengah bagian atas, dibawahnya tersedia logo khas seri Vibe serta logo Lenovo yang berada dibawahnya.

Pada bagian sisi mengikuti tata letak standar smartphone kebanyakan saat ini. Tombol power dan volume di sebelah kanan, jack 3.5mm audio dan mikrofon sekunder di bagian atas, port Micro-USB dan lubang speaker terdapat dibagian bawah. Yang membedakan dengan smartphone lainnya adalah dengan adanya switch slider power-saver yang mengontrol mode hemat daya di sebelah kanan.

https://www.youtube.com/watch?v=87xbT4npEk8

Selanjutnya —>>>

[nextpage title=”Layar”]

Layar
Lenovo Vibe P1 Turbo mengusung layar berukuran 5,5 inchi dengan resolusi mencapai 1920×1080 piksel atau biasa disebut Full HD. Kerapatan layarnya juga sangat tinggi mencapai 401 ppi. Smartphone ini sudah dilapisi dengan pelindung antigores Gorilla Glass 3. Dengan layar ini, tampilan Lenovo Vibe P1 turbo terbilang terang dan jelas meski digunakan dibawah terik sinar matahari.

Untuk tampilan Lenovo telah menyematkan Android 5.1.1 yang dilapisi dengan Lenovo Vibe UI pada Vibe P1 Turbo. Dengan antarmuka ini maka tampilan Lenovo Vibe P1 Turbo tidak seperti android murni pada umumnya, karena telah dikustumisasi dengan gambar ikon yang sedikit berubah dengan adanya app drawer. Didalamnya juga tersedia pengaturan cepat pada status bar untuk masuk ke menu Settings.

fitur2_lenovo_vibe_p1_turbo interface_lenovo_vibe_p1_turboSelanjutnya —>>>

[nextpage title=”Performa”]

Performa
Lenovo Vibe P1 Turbo menawarkan spesifikasi yang cukup gahar. Untuk chipset prosesor sudah dibekali Qualcomm Snapdragon 615 yang dipadukan dengan prosesor Octa Core ARM cortex A53 berkecepatan 1,5 GHz. Performa Lenovo Vibe P1 Turbo terbilang mantap, berkat dukungan kartu grafis Adreno 405 dan RAM sebesar 3 GB dan. Tak heran jika ponsel ini mampu menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Kinerja handal ditunjukan saat dimeja pengujian, kebutuhan kinerja sehari-hari umum dapat dilakukan dengan baik, karena ponsel tidak mengalami lag dan crash. Pada tahap pengujian kami juga mengukurnya dengan aplikasi antutu bechmark. Dengan aplikasi ini P1 Turbo mampu mencetak 35 ribuan. Selain dengan aplikasi Benchmark, kami juga mengujinya dengan memainkan game seberat Asphalt8:Airborne.

bechmark_lenovo_vibe_p1_turbo fitu5_lenovo_vibe_p1_turboUntuk pengujian daya tahan, pada penggunaan standart sehari-hari browsing, chatting, steaming dan sesekali menerima telepon, ponsel ini bahkan mampu bertahan hingga dua hari.  Setelah tersisa sekitar 5%, Anda dapat mengaktifkan fungsi dasar telepon dengan modus power saver sehingga dapat membantu ponsel tetap aktif.

Baca juga :  Pertarungan Spesifikasi : Xiaomi Pad 5 VS Huawei Matepad 10
Baca juga :  Pertarungan Spesifikasi : Xiaomi Pad 5 VS Huawei Matepad 10

Selanjutnya —>>>

[nextpage title=”Kamera”]

Kamera
Lenovo Vibe P1 Turbo dibekali kamera utama 13-megapixel dengan flash dual-tone LED, dan kamera depan 5 megapiksel. Keduanya mampu merekam video pada resolusi full-HD. Untuk mendukung hasil foto yang bagus Lenovo membenamkan banyak fitur pada aplikasi kamera. Pada antarmuka aplikasi kamera tersebut penguna akan dipermudah untuk menggunakannya.

Pada tampulan tersedia modus penggantian untuk mengambil foto dan merekam video dengan cepat, flash, dan mode HDR. Pada menu pengaturan terdapat beberapa pilihan, termasuk pengaturan manual, foto dan resolusi video, self-timer dan geo location. Anda juga dapat menggunakan tombol volume untuk menangkap gambar, dengan menekan dua kali tombol volume. Ada juga pengaturan untuk mode panorama, bersama dengan filter yang dapat diterapkan pada saat pemotretan.

kamera_lenovo_vibe_p1_turboHasil pada kamera utama cukup jelas dan terang. Objek dapat diterjemahkan secara detail dan mampu mempertahankan fokus dengan baik. Tidak hanya itu, lensa kamera juga mampu menangkap objek bergerak dengan akurat. Namun begitu pada beberapa pengambilan foto, masih nampak noise ketika foto diperbesar. Sedangkan pada kamera depan cukup mengakomodasi pengguna yang ingin foto selfie.

Selanjutnya —>>>

[nextpage title=”Slider power-saver”]

Slider power-saver
Memiliki kapasitas baterai yang besar plus fungsi power saver membuat ponsel ini mampu bertahan lama. Dengan adannya fungsi slider power-saver, ponsel akan beralih dari antara konsumsi baterai normal dan mode hemat daya ekstrim. Ketika mode power-saver diaktifkan, ponsel akan mematikan semua konektivitas dan sebagian besar fungsi lainnya. Pengguna hanya diperkenankan melakukan fitur dasar, seperti panggilan, SMS, kontak, kalkulator, kalender, jam, dan radio.

fitur3_lenovo_vibe_p1_turboPada mode ini layar juga akan menampilkan perkiraan waktu yang tersisa penggunakan ponsel. Mode ini sangat berguna saat ponsel hanya memiliki sisa daya yang rendah. Sehingga pengguna masih dapat menggunakan fungsi dasar ponsel. Dengan penggunaan slider ini maka mampu memudahkan penggunakan untuk mengakses fitur ini tanpa harus melakukannya dari aplikasi atau fitur tertentu.

Selanjutnya —>>>

[nextpage title=”Sensor Sidik Jari”]

Sensor Sidik Jari
Menyoroti sensor sidik jari yang berada terintegrasi pada tombol home fisik, pengguna dapat langsung membuka perangkat dari mode sleep. Sensor ini terbukti sangat mampu bekerja dengan baik. Dengan Sensor Synaptics, maka pengguna dapat menyimpan atau membaca sampai dua sidik jari.

fitur4_lenovo_vibe_p1_turboSayangnya sensor ini hanya dapat dipergunakan sebagai pembuka kunci perangkat saja tidak untuk fungsi lainnya. untuk melakukan pengaturan dan mendaftarkan sidik jari pada ponsel, Anda dapat melakukannya melalui menu settings>fingerprint. Pengguna akan disarankan untuk tetap menggunakan pattern, PIN atau password.

Selanjutnya —>>>

[nextpage title=”Pengisian daya Cepat”]

Pengisian daya cepat
Berbekal baterai besar 5000 mAh, Vibe P1 Turbo dihadirkan Lenovo untuk konsumen dengan mobilitas tinggi yang memiliki kebutuhan untuk selaku tersambung ke internet dan tetap produktif, namin terikat dengan perangkatnya sehingga tidak punya waktu untuk mengisi baterai.

fitur_lenovo_vibe_p1_turboUntuk itu lenovo menambahkannya dengan fitur pengisian daya yang cepat atau fast charging, ponsel ini sudah termasuk adapter charger 2A /7V. Saat dilakukan pengisian daya, ponsel ini mampu mengisi daya diponsel hingga sekitar 65 persen hanya dalam waktu 35 menit saja. Pada paket penjualannya juga Lenovo menyediakan adaptor OTG yang memungkinkan pengguna agar Vibe P1 Turbo dapat dijadikan sebagai sebagai powerbank untuk mengisi daya bagi perangkat lain.

spot_img

Artikel Terbaru