Jakarta, Selular.ID – Sejak diluncurkan pada bulan Juni 2015, sosial media terbesar dunia mengumumkan bahwa Facebook Lite telah mencapai 100 juta pengguna aktif bulanan. Perusahaan milik Mark Zuckerberg itu juga mengumumkan fitur baru Facebook Lite yang kini mendukung video, upload beberapa foto sekaligus, memperbesar foto, emoji dan masih banyak lagi.
Facebook Lite dirancang untuk memberi kemudahan bagi pengguna untuk mengakses Facebook dari perangkat ponsel lama maupun dalam koneksi yang lambat. Di beberapa area, jaringan dapat sangat lambat, sehingga Facebook ingin memberikan pengalaman yang menyenangkan dengan bandwidth yang sangat minimum.
Pengguna dapat mengakses Facebook Lite dari Google Play Store pada ponsel Android di negara-negara di mana Facebook Lite telah diluncurkan, termasuk Indonesia.
Aplikasi ini memiliki ukuran kurang dari 1 MB, yang berarti orang dapat mengunduh aplikasi tersebut dalam waktu beberapa detik meskipun dalam jaringan yang lambat. Aplikasi ini kini mendukung 56 bahasa dan sangat populer di Brazil, India, Indonesia, Mexico dan Filipina.
Perusahaan ingin setiap pengguna memiliki pengalaman yang menyenangkan saat menggunakan Facebook di ponsel mereka, tanpa terpengaruh dengan perangkat yang mereka gunakan atau jaringan yang mereka miliki. Karena berbagai kondisi jaringan dan tipe perangkat, dapat memberikan pengalaman yang berbeda.
Lebih dari setengah populasi dunia, setidaknya 1,6 miliar orang, masih hidup di daerah di mana jaringan broadband (3G dan 4G) masih belum tersedia, sehingga membuat akses data menjadi sulit. Bahkan untuk pengguna dengan jaringan 3G, kurang stabilnya koneksi seringkali menjadi penghalang terbesar untuk menciptakan pengalaman mobile yang menyenangkan.
Melalui penelitian internal di sejumlah negara berkembang dan dengan melihat bagaimana para pengguna menggunakan aplikasi, Facebook meyakini harga dari paket data dan keseluruhan data yang digunakan menjadi hal yang sangat penting bagi pengguna. Sehingga pengembang terus berusaha untuk mengurangi penggunaan data bagi pengguna di negara berkembang ketika mereka ingin mengakses Facebook.
Perusahaan memperkenalkan Facebook Lite di tahun 2015 yang ditujukan untuk mengatasi segala rintangan tersebut. Tujuannya, pengalaman Facebook yang ringan dan cepat bagi pengguna yang menggunakan tipe ponsel Android lawas dan berada pada koneksi jaringan terbatas.