Penjualan Lenovo di Indonesia Tumbuh 318 Persen

lenovo_logoJakarta, Selular.ID – Lenovo baru saja mengeluarkan laporan pembukuan untuk kuartal fiskal yang berakhir pada Desember 2015.

Pada siaran resmi (3/2/2016), perusahaan menorehkan pendapatan keseluruhan $12,9 miliar, dengan laba bersih sebesar $300 juta. Khusus divisi mobile dari raksasa Tiongkok tersebut mencatat pendapatan $3,2 miliar, turun 4 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Selama periode tiga bulan itu, perusahaan berhasil menjual sebanyak 20,2 juta unit smartphone, atau turun 18,8 persen dari Q3 2014.

Kendati menurun, kinerja vendor tercatat gemilang di dua negara, India dan Indonesia. Produsen berhasil meningkatkan pendapatannya sebesar 206 persen di Tanah Hindustan dan 318 persen di Tanah Air. Sayangnya, perusahaan tidak menjabarkan angka persis pendapatannya di dua negara ini.

Untuk bisa tumbuh lebih besar, Lenovo akan memfokuskan penjualan smartphone ke pasar globa, dengan pengiriman di luar wilayah China sebesar 83 persen dari total volume. Pengiriman Motorola juga meningkat sebesar 25 persen di kuartal tersebut, memberi kontribusi $2 miliar untuk pundi-pundi Lenovo.

Disebutkan dalam laporan bahwa Lenovo sedang mencari cara memangkas biaya sebesar $1,5 miliar tahun ini, dan menyelaraskan kembali bisnis mobile-nya, sebagai Lenovo Moto dan Lenovo Vibe. Produsen juga akan semakin agresif melebarkan pangsa pasarnya di segmen entry-level.