Monday, June 17, 2019
Home Apps Akhirnya, Browser Samsung Android Support Ad Blocking

Akhirnya, Browser Samsung Android Support Ad Blocking

-

samsung-galaxys6Jakarta, Selular.ID – Bila Anda pemilik ponsel Samsung Galaxy yang kerap jengkel dengan keberadaan iklan di peramban, berikut kabar gembira untuk Anda. Per hari ini, Samsung menambahkan dukungan ke perangkat Android besutannya untuk menghalau konten dan iklan yang muncul di browser web.

Cukup perbarui aplikasi peramban Samsung di ponsel Android Lollipop, maka Anda bisa menginstal aplikasi pembantu yang berfungsi memblokir konten yang tidak diinginkan tadi dari situs-situs yang dikunjungi. Cara kerjanya mirip dengan ad-blocking di browser Apple Safari di iOS 9.

Dengan memanfaatkan kemampuan ini, tentu pengguna akan bisa menikmati berinternet dengan lebih nyaman. Karena membekukan sebuah iklan di peramban mampu mengurangi waktu loading dan penggunaan data. Fungsi ini sudah tersedia di iOS 9 sejak September 2015.

Membekukan konten di Android tidak sesederhana menginstal ekstensi browser. Peramban besutan Google yang selalu terinstal di ponsel Android, Chrome, belum mendukung content blocker.

Beberapa permban pihak ketiga (seperti Brave), menawarkan fitur pemblokiran iklan terintegrasi, tetapi belum sepopuler Chrome. Akibatnya, berbeda dengan pemblokiran iklan di browser desktop yang sudah menjadi praktek umum, kebanyakan orang tidak mau repot menghalangi iklan di ponsel.

Ad-blocking pertama yang tersedia untuk Samsung Internet adalah Adblock Fast, yang juga tersedia untuk iOS dan Chrome dan Opera pada desktop. Adblock Fast bisa diinstal gratis dan open source, dan pengembang mengklaim sudah digunakan oleh 200.000 pengguna di berbagai platform yang tersedia.

Penyedia aplikasi mengatakan bahwa plugin miliknya mampu menurunkan beban akses di Android sampai 51 persen.

Adblock Fast sudah tersedia untuk ponsel dengan browser Samsung Internet 4.0 melalui Google Play Store. Crystal, salah satu content blocker populer di iOS, juga sekarang tersedia untuk browser Samsung.

Bila Anda terbiasa menggunakan Chrome di ponsel Android Samsung mungkin kini saatnya beralih ke peramban bawaan produsen untuk mendapatkan pengalaman internet bebas iklan.

Latest