Sunday, October 25, 2020
Home Headline Review Lenovo Phab Plus: Layar Luas Bikin Puas

Review Lenovo Phab Plus: Layar Luas Bikin Puas

-

Jakarta, Selular.ID – Pasar phablet kembali bergairah dengan kemunculan produk baru yang gabungan smartphone dan tablet. Adalah Phab Plus yang baru saja dirilis Lenovo di pasar Indonesia untuk kelas menengah. Datang dengan layar seluas layar besar 6,8 inci, Lenovo Phab Plus tidak hanya dibekali fitur komunikasi yang mumpuni, namun phablet ini juga diklaim mampu memberikan kenyamanan dalam menonton Video atau bermain game.

[quote_box_center]

Keunggulan

  • Ukuran dan Resolusi layar memuaskan
  • Desain kokoh
  • Suara bagus

Kekurangan

  • Kualitas kamera biasa saja
  • Baterai standar meski kapasitas besar

[/quote_box_center]

Desain

Memiliki bobot 229 gram, jelas ini bukan perangkat phablet ringan saat ini, namun pihak Lenovo mengklaim bahwa desain phablet ini dioptimalkan untuk penggunaan satu tangan, meski layarnya cukup bongsor. Phabet ini memang terbilang nyaman jika dibawa dengan satu tangan, namun untuk tangan orang asia memang cukup kesulitas saat mengoperasikannya. Dengan ketebalan 7.6mm dan bezel tipis, desain unibody yang dikombinasikan antara logam dan plastik memberikan Phab Plus terasa premium.

Lenovo membuat perangkat ini terlihat memanjang daripada phablet kebanyakan yang mempunyai tubuh melebar. Pada ukuran layar disematkan tiga tombol sentuh yakni back, home, dan juga recent apps yang terletak di layar ponsel bagian bawah. Pada bagian belakang Lenovo Phab Plus, terdapat kamera belakang dan speaker Dolby Atmos, dan serta logo Lenovo. Melihat punggung Phab Plus, mungkin mengingatkan kita atas iPhone 6 Plus. Sebelah kanan berdiam tray slot SIM, sementara di samping kiri terdapat tombol pengatur volume dan tombol power/lock. Di bagian atas, Anda akan menemukan headphone jack 3.5mm. Dan saat dibalik, bagian bawa ada port microUSB untuk transfer file atau pengisian daya.

[nextpage title=”Layar”]

Layar

Fitur menonjol dari Lenovo Phab Plus adalah layar besar berukuran 6,8 inci yang menawarkan kepadatan pixel 324 ppi (pixel per inch). Mungkin ukuran ini dipilih sebagai diferensiasi. Denngan resolusi Full HD 1080×1020 piksel, sangat pas untuk memanjakan mata penggunanya. Layar ni juga memiliki kerapatan piksel 326 ppi. Hal ini membuat tampilan layar yang masih terlihat tajam dan detil.

interface

Dengan pancaran warna dan kecerahan cahaya yang cukup, maka layar tetap nyaman meski dalam sudut pandang tertentu. Tidak hanya dalam kondisi indoor, penggunaan phablet diluar ruang juga tidak sulit untuk digunakan asalkan pengguna dapat sesuaikan tingkat kecerahannya.

Phablet ini berjalan dengan OS Android 5.0.2 Lollipop, dengan sedikit modifikasi pada gambar ikon dan beberapa fitur. Namun secara garis besar, phablet ini menyuguhkan pengalaman Android Lollipop standar yang mudah untuk digunakan oleh pengguna yang biasa menggunakan OS Android. Berkat keberadaan one-handed mode yang memungkinkan pengguna untuk mengecilkan display agar lebih mudah dikelola dan nyaman untuk digunakan dengan satu tangan. Pengaturan modus satu tangan ada di notification bar atau untuk akses cepatnyanya, Anda tinggal menggambar sudut melengkung ke bawah di layar seperti huruf C. Untuk kembali ke modus layar penuh, Anda tinggal tekan tombol escape di sudut mini windows.

Dalam keadaan standby pengguna dapat mengetuk layar dual kali untuk menyalakan layar, menekan dalam waktu lama di mana saja di layar untuk memotret foto, mengguncang untuk mengunci perangkat, menciptakan keyboard satu tangan yang bisa menyesuaikan dengan posisi tangan.

[nextpage title=”Kinerja”]

Kinerja

Dari sektor performa, handset ini diotaki oleh prosesor octa-core 64-bit Qualcomm Snapdragon 615 yang didukung dengan RAM 2GB. Kombinasi prosesor dan RAM ini menawarkan performa yang terbilang memuaskan. Untuk menyimpan data,tersedia memori internal 32GB, yang dapat diperluas menggunakan slot kartu microSD. Dengan spesifikasi hardware yang dimilikinya, phablet ini cukup gesit untuk menjalankan berbagai aktivitas.

Bechmark

Melalui aplikasi antutu bechmarking, phablet ini mmendapatkan skor 34 ribu-an, dengan skor ini, maka Leovo Phab Plus mampu bersaing dengan phablet lain seperti Samsung Galaxy Note 4. Memainkan game sekelas Asphalt8:Airborne, phablet ini sangat nyaman untuk digunakan. Bahkan kami dapat dengan mudah melintasi semua trak dengan mudah karena ukuran layar yang luas.

Lenovo Phab Plus mengusung baterai 3.500 mAh yang diklaim bakal tahan sepanjang hari. Tentu baterai tahan lama juga menjadi key selling point, mengingat layar lebih besar biasanya memakan lebih banyak energi. Dalam pengujian, phablet bisa beroperasi sekitar satu setengah hari dalam pemakaian standar.

[nextpage title=”Kamera”]

Kamera

Dari sektor kameranya Lenovo Phab Plus ini diberikan kelebihan dengan kamera utama beresolusi 13MP. Kamera utama ini mampu mengabadikan gambar yg sangat jernih karena kamera ini juga di lengkapi dengan dual LED true-tone flash dan autofokus. Sedangkan pada kamera skundernya Phab Plus ini di berikan resolusi yang lumayan mumpuni yaitu 5MP, dengan resolusi ukuran tersebut Anda bisa menggunakan untuk foto selfie dan video call.

Tidak untuk pengguna yang gemar mengambil foto, Anda yang suka merekam video juga dapat melakukannya di smartphone bongsor ini. Karena kamera Phab Plus sudah menyajikan beberapa format rekam video 1080p, 720p dan resolusi standar 480p. Bahkan hebatnya lagi pengguna dapat mengabil foto saaat tengah merekam video.

kamera

Pengujian terhadap fitur kamera hasil jepretan tampak baik. Hasil foto dengan kamera utama dan kamera depan terasa stabil. Memiliki shutter speed yang cukup cepat, hasil foto dalam kondisi outdoor terlihat jernih dan terang. Sementara di dalam ruangan atau dalam kondisi minim cahaya, hasil foto nampak bagus meski tidak sebagus hasil foto dipencahayaan yang terang.

[nextpage title=”Multimedia”]

Multimedia

Untuk memperkuat sektor multimedia, khususnya audio, Lenovo membekali phablet ini dengan fitur Dolby Atmos. Dengan fitur ini kualitas suara yang terpancar dari speaker bawaannya terbilang memuaskan. Artinya antara bass dan treble sangat seimbang, sehingga suara menjadi sangat baik. Kualitas lebih baik jika menggunakan headset, fitur Dolby Atmos menjadi lebih optimal. Dari fitur Dolby Atmos pengguna dapat melakukan setting manual, meski setting preset sudah tersedia pada smartphone.

Muttimedia

Untuk memutar musik enovo menyediakan dua aplikasi pemutar musik, yakni aplikasi music bawaan dan android dan aplikasi yang disediakan khusus dari Lenovo. Keduanya masih dapat meggunakan fitur  Dolby Atmos,sehingga pengguna tidak perlu khawatir dalam memilih aplikasi yang tepat untuk memutar musik di phablet.

[nextpage title=”Konektivitas”]

Konektivitas

Lenovo Phab Plus memiliki dua slot SIM card yang mampu terkoneksi pada jaringan 4G LTE. Selain itu, konektivitas seperti Wi-Fi,Bluetooth 4.0 dan GPS sudah terintegrasi dalam ponsel ini. Lenovo Phab Plus juga menyediakan port micro USB yang mendukung kemampuan membaca flashdisk (USB On The Go) tapi belum didukung NFC.

internet

 

 

Latest