Hands On : Wiko Pulp Fab

-

backJakarta, Selular.ID – Membuka tahun 2016, vendor ponsel asal Perancis, Wiko Mobile, meluncurkan model Pulp Fab, smartphone dengan layar lapang 5,5 inci yang dibanderol Rp1,9 juta dengan bonus gratis akses data sebesar 42GB dari operator Tri.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli smartphone yang sudah edar sejak pekan ini, berikut Hands On Selular.ID saat peluncurannya di Jakarta (29/1/2016).

Desain
Mengikuti tren ponsel Android, Wiko Pulp Fab mengusung desain bar. Terbuat dari material plastik, casing belakang bisa dilepas, bertekstur kulit jeruk dengan finishing karet, sehingga ponsel terasa kesat saat digenggam, tidak mudah tergelincir dari tangan. Tersedia dalam dua kombinasi warna, hitam dengan lis metal berwarna silver, dan putih dengan lis metal berwarna gold, cocok untuk pengguna yang mengedepankan tampilan sebuah smartphone. Dimensi lengkapnya adalah 154.7 x 79.5 x8.9 mm dengan bobot 167 gram.

frontLayar
Pada bagian muka, layar berteknologi IPS display dengan bentang 5,5 inci akan memanjakan mata Anda. Dengan resolusi HD 1280×720 piksel, ideal untuk menikmati hiburan multimedia, tanpa menguras baterai secara berlebihan. Sayangnya, layar belum dilapisi Gorilla Glass, jadi pengguna sebaiknya melindungi permukaan depan dengan tempered glass yang harus dibeli terpisah untuk ketahanan layar yang lebih lama.

Salah satu fitur yang bisa diakses langsung dari layar, adalah Smart Awake, yakni shortcut ke aneka aplikasi favorit, langsung dari keadaan ponsel terkunci. Misalnya, Anda bisa menggambar huruf C untuk otomatis membuka aplikasi kamera atau huruf M untuk media player, tanpa perlu menyentuh tombol power dan membuka kunci layar. Customize, Anda bisa mengatur huruf lain untuk fungsi berbeda.

Storage
Bagian dasar layar, polos, tanpa kehadiran tombol kapasitif. Wiko menempatan tiga tombol utama Android 5.1 Lollipop (Back, Home, Menu) secara virtual di dalam layar bagian bawah. Sementara bagian atas layar, bertengger kamera 5MP bersama earpiece dan lampu LED untuk notifikasi dan logo Wiko di sudut kiri.

rightMengintip “jeroan”nya, kinerja Wiko Pulp Fab ditopang chipset Mediatek dengan prosesor Octa-core speed 1.4GHz. kapasitas RAM 2GB dengan internal storage 16GB yang bisa diekspan hingga 64GB melalui microSD.
Sayap kiri ponsel dihiasi volume rocker dan tombol power/lock key yang berbentuk balok tipis, sedangkan sayap kanan bersih tanpa ornamen. Jack audio 3,5mm berada di kepala body, sementara port charging diletakkan di bagian bawah bersama mikrofon.

USB OTG
Salah satu keunggulan Wiko Pulp Fab adalah port charge bisa membaca file dalan flashdisk melalui USB on-the-go. Selain untuk membaca, menyunting, dan memutar file yang ada di flashdisk, USB otg ini juga bisa dimanfaatkan pecinta game untuk pengalaman gaming yang lebih seru, dengan menancapkan mouse atau joystick melalui koneksi bluetooth, sehingga kontrol game lebih akurat. Sayangnya, Wiko tidak memasukkan kabel adapter di dalam paket penjualan, artinya, pembeli harus membelinya secara terpisah.

modelFotografi
Menoleh ke belakang, kamera 13MP ditemani LED flash terletak di sudut atas, dengan logo Wiko Mobile di bagian tengah, dan corong speaker di bagian bawah yang berbentuk memanjang.
Kamera ditopang fitur Professional Mode guna memastikan pengguna mendapatkan hasil gambar berkualitas. Juga dilengkapi fitur panorama dan night shot untuk hasil foto yang kreatif.
Fitur lain yang dihadirkan bernama Floating video player, yakni memungkinkan pengguna teap bisa menikmati video bersamaan dengan aktivitas lain seperti mengetik SMS atau lainnya. Layar video akan mengecil, dan bisa digeser ke sudut yang Anda inginkan.

 

Konektivitas

Slot dua buah SIM card dan satu microSD, terletak di bagian belakang. Anda harus melepas casing belakang untuk menancapkan SIM yang berukuran micro. Sementara untuk mengangkat dan memasukkan microSD card, Anda harus mengangkat baterai ponsel terlebih dahulu. Sayangnya, kedua slot SIM hanya mampu bekerja di jaringan GSM, HSPA+, dan HSUPA. Jadi belum mendukung 4G LTE.

Promo
Mulai 22 Januari sampai 15 Februari, Wiko memberikan potongan harga sebesar Rp100.000 untuk pembeli Pulp Fab, menjadikan harganya cuma Rp1,8 juta, dengan bonus 42GB akses data dari Tri, dan paket nelpon 140 menit, dan 250 SMS.
Pembeli bisa menemukan Pulp Fab dan model smartphone Wiko lainnya di Wiko Experience Store di ITC Roxy Mas, Electronic City, Lotte Mart, Sentra Ponsel, GaleriGadget, Courts, Hartono Electronic, dan Tri Store.

Buyer's Guide

7 Smartphone Oppo dengan Fast Charging Hingga 65 Watt

Jakarta, Selular.ID - Fast charging menjadi salah satu fitur yang dicari konsumen saat hendak...

Smartphone Oppo dengan Triple Camera, Harga Mulai Rp1 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Oppo termasuk vendor smartphone yang cukup aktif meramaikan pasar Indonesia, misalnya...

Rekomendasi Smartphone Rp3 Jutaan

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan pengguna ponsel tidak hanya pada fitur kamera saja, kapasitas memori,...

5 Smartphone Oppo Dengan Layar Punch Hole  

Jakarta, Selular.ID – Tampilan layar smartphone menjadi semakin lega sekaligus menawan berkat mengusung konsep...

Oppo A15 Usung 3 Kamera, Harga Rp1 Jutaan

Jakarta, Selular.ID – Oppo secara resmi meluncurkan perangkat A15 di Indonesia. Oppo A15 tampil...

Samsung Galaxy A21s Kini Tampil dengan Warna dan Memori...

Jakarta, Selular.ID - Samsung Indonesia kembali menghadirkan varian baru dari Galaxy A21s. Perangkat lini...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait