Friday, July 19, 2019
Home Apps Aplikasi Bulletin Board, Salah Satu Bekal Guru Hadapi MEA

Aplikasi Bulletin Board, Salah Satu Bekal Guru Hadapi MEA

-

image

Jakarta, Selular ID – Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) membutuhkan sumber daya  manusia (SDM)yang berkompeten dibidangnya, maka sejak sekarang
SDM dibekali dengan teknologi yang mumpuni tidak terkecuali tenaga pendidik seperti guru, agar tidak kalah bersaing dengan guru dari luar yang lebih melek  teknologi.

Menyadari hal itu, salah satu developer lokal menciptakan aplikasi Bulletin Board, diluncurkan awal Agustus 2015 lalu, aplikasi Bulletion Board menjadi media yang cukup efektif untuk berkomunikasi antara guru dan wali murid di tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD).

Norman Ganto CEO Bulletin Board,  mengungkapkan, dalam aplikasi ini, guru bisa menyampaikan berbagai informasi kepada wali murid tentang kegiatan di sekolah, tugas sekolah, hingga perkembangan akademis dan perilaku anak. Kehadirannya bisa menggantikan fungsi buku agenda siswa yang terkadang tidak sempat terbaca oleh wali murid.

“Lewat aplikasi ini pesan yabg disampaikan guru bisa langsung terbaca oleh wali murid. Cara ini juga bisa menghemat waktu guru yang selama ini membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk menulis catatan-catatan di buku agenda,” ujar Norman Ganto dalam keterangan resminya

Yang tidak kalah pentingnya, agar mereka para guru tidak kalah bersaing dengan guru dari luar yang lebih paham dan fasih berbahasa Inggris.

“Dalam proses belajar dan mengajar, banyak guru yang masing enggan menggunakan teknologi. Sebagian masih memandang kalau teknologi hanyalah sebatas media sosial saja. Dengan adanya aplikasi ini, saya berharap para guru di Indonesia mulai memanfaatkan perkembangan teknologi, khususnya teknologi yang sifatnya untuk meningkatkan produktifitas,” ujar Norman

Menurut Norman, aplikasi Bulletin Board saat ini telah dimanfaatkan oleh 150 kelas atau sekitar 500 guru dan wali murid.Penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Untuk guru, cukup mengunduhnya dengan smartphone atau tablet, berbasis Android dan iOS kemudian isi data diri dan mengundang para orangtua dengan memasukkan alamat email masing-masing. Cara kerjanya hampir serupa dengan aplikasi messenger, namun Bulletin Board dirancang untuk one and one communication.

Untuk menjaga privasi pengguna, aplikasi ini tidak memunculkan nomor kontak. Pesan akan ditulis guru di kotak pesan dan dikirim kepada 1 atau semua orangtua yang telah diundang. Penerima kemudian akan mendapatkan notifikasi dan pesan yang telah terbaca akan ditandai dengan centang biru, serta tulisan seen.

Aplikasi ini rencananya juga akan hadir di PC (laptop), sehingga tahun depan guru dan orangtua akan semakin mudah berkomunikasi.

Latest