Sunday, October 25, 2020
Home Headline Open Sale Hari Ini, Berikut Hands On ZTE Blade A711

Open Sale Hari Ini, Berikut Hands On ZTE Blade A711

-

zte-blade-a711-frontJakarta, Selular.ID – Usai resmi diluncurkan awal pekan, hari ini (10/12/2015) Lazada mulai membuka penjualan smartphone 4G ZTE Blade A711 dengan harga istimewa Rp2 juta. Fitur yang digaungkan vendor asal Tiongkok untuk handset ini adalah unibody full metal dan sensor fingerprint.

Di pasar Eropa, tipe ini mengusung nama berbeda, yakni ZTE Blade X9, sedangkan di pasar domestik China, handset bernama Blade V5 Pro. Tapi ketiga nama berbeda itu adalah satu produk yang sama.

Pada prosesi peluncurannya, Eric Chan, Managing Director ZTE Indonesia, mengakui bahwa penjualan smartphone di kisaran harga tersebut memiliki pangsa yang sangat besar. Karena itu perusahaan ingin fokus menghadirkan perangkat di kategori harga-menengah, tapi dengan menawarkan fitur-fitur dan kemampuan tinggi, seperti yang diusung ZTE Blade A711.

Tapi tunggu dulu, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pemesanan hari ini, berikut hands on Selular.ID saat peluncuran.

Sebenarnya tidak ada yang istimewa pada desain handset. Namun rancangan premium dengan balutan bahan aluminium alloy di seluruh body menjadi daya tarik tersendiri saat pertama kali memegangnya. Cukup pipih (8,6mm) dan tidak terasa “kotak” saat digenggam karena keempat sudutnya tumpul. Tidak terlalu enteng, bobotnya mencapai 160 gram.

zte-blade-a711-slotDi bagian muka, Anda akan menemukan kamera selfie 5MP dan sensor kedekatan yang mengapit earpiece di bagian atas layar. Sementara di bagian dasar, terdapat tiga tombol standard Android berupa touchpad, yakni Back, Home, dan Recent App.

Mengusung teknologi IPS LCD, bentang layarnya 5,5 inci dengan resolusi Full HD (1920×1080).

Menoleh ke sayap, di bagian kanan terdapat satu pintu slot untuk dua SIM card berukuran nano. Namun slot ini berkonsep hybrid, artinya, slot SIM 2 (posisi paling depan), bisa juga ditancapkan kartu microSD, dengan kemampuan baca hingga 128GB.

Jadi pengguna harus memilih, antara mengisi slot kedua untuk SIM card atau kartu memori eksternal. Berhubung memori internalnya “cuma” 16GB, jadi opsi mengisi slot dengan microSD sepertinya akan lebih bermanfaat.

zte-blade-a711-volSementara di sayap seberang, terdapat volume rocker dan tombol lockscreen, yang berbentuk garis tipis memanjang dengan warna silver. Di bagian bawah body terdapat port charge berupa microUSB dan mikrofon, sedangkan di bagian kepala terpahat jack audio 3,5mm dan mikrofon.

zte-blade-a711-topBerbalik ke belakang, terdapat lensa kamera di bagian sentral atas yang ditemani LED flash. Kamera belakang 13MP dengan bukaan f2.2 diklaim perusahaan sangat bagus untuk pencahayaan rendah. Juga bagus untuk pencahayaan terang karena sudah mendukung backside illumination. Dalam menu, kamera dilengkapi fitur HDR, autofocus, panorama, serta rekam video Full HD. Sementara kamera depan 5MP juga dengan bukaan f2.2 sudah mendukung wide angle 88 derajat.

zte-blade-a711-backDi bagian bawah lensa, ada area akses pemindai sidik jari, yang sama-sama berbentuk lingkaran. Sesuai paparan Eric Chan, sensor fingerprint di Blade A711 bisa membaca sampai lima jari sekaligus. Pengguna bisa mengatur setiap jari untuk keperluan berbeda. misalnya jari telunjuk untuk membuka aplikasi musik, jari tengah untuk main game, jari manis untuk membuka inbox, atau jari kelingking untuk membuka kamera, langsung dari posisi layar terkunci.

zte-blade-a711-bottomPada sektor hardware, ZTE Blade A711 ditopang prosesor octa-core 64 bit besutan Qualcomm, Snapdragon 615, dengan speed maksimal 1,5GHz. Serta RAM 2GB dan GPU Adreno 405 untuk menciptakan grafis yang mulus.

Pada sektor konektivitas, Blade A711 sudah mendukung jaringan 4G LTE FDD, sehingga bisa digunakan untuk operator 4G LTE versi GSM. Dukungan koneksi lainnya di antaranya WiFi, WiFi Hotspot, serta Bluetooth 4.1 dan micro USB 2.0.

Unibody, pengguna tidak bisa membuka bagian belakang untuk melihat unit baterai. ZTE sudah membenamkan baterai kapasitas 3000mAh yang diklaim perusahaan mampu bertahan standby sampai 14 hari atau talktime 1000 menit.

Pada bagian software, kendati OS yang diadopsi masih Android 5.0 Lollipop, Eric Chan menjamin Blade A711 bisa di-upgrade ke Marshmallow. Hanya saja belum tahu kapan akan tersedia upgrade resminya.

Sebagai informasi, setelah 10.000 unit ludes terjual di Lazada (10-12 Desember 2015), vendor akan beralih ke ritel, namun dengan banderol lebih mahal, yakni Rp2,5 juta.

Latest