Beranda News E-Commerce Khusus Mobile, Apa Fitur Marketplace Shopee?

Khusus Mobile, Apa Fitur Marketplace Shopee?

-

Shopee-Chris-Feng
Chris Feng – CEO Shopee

Jakarta, Selular.ID – Penjualan melalui perangkat mobile di Indonesia, menurut laporan Criteo State, mencapai 56% selama kuartal ketiga 2015. Itu artinya, transaksi online lebih banyak dilakukan dari smartphone daripada PC. Maka tidak heran bila perusahaan asal Singapura, penyedia marketplace khusus mobile, Shopee, mulai membuka pasar virtualnya di Indonesia.

Lalu apa fitur yang disediakan Shopee?

Dengan interface intuitif, Chris Feng, CEO Shopee, mengklaim siapapun bisa membeli dan menjual kurang dari 30 detik, kapanpun dan dimanapun.

Menampilkan interface dengan fungsi Live Chat dalam aplikasi, Shopee memungkinkan pengguna untuk berbelanja dan berkomunikasi sesuai dengan kenyamanan mereka. Dirancang untuk mewujudkan platform social commerce, Shopee mengintegrasikan fitur sosial mencakup fungsi hashtag, yang memungkinkan pengguna mencari tren barang/produk yang sedang populer atau untuk mengikuti tren terbaru secara mudah. Mereka akan menerima update secara real-time, sama dengan platform media sosial lainnya.

Baik mengidentifikasi tren (trendspotting) atau menentukan tren (trendsetting), pengguna dapat secara kolektif mengatur produk mereka dan menentukan tren terbaru yang sedang terjadi di marketplace tersebut.

Guna mengurangi resiko transaksi dan menyajikan pembayaran yang aman, Shopee menyediakan garansi. Garansi Shopee memastikan jika barang tidak diterima dalam kondisi yang disepakati sebelumnya, maka akan ada pengembalian uang secara penuh kepada pembeli.

Untuk memastikan bahwa barang-barang sampai ke pembeli tepat waktu, penjual bisa melacak proses pengiriman dalam aplikasi Shopee.

Pada peluncurannya kemarin (1/2/2015), Chris mengatakan bahwa Shopee mempermudah siapapun untuk mendaftarkan produk-produk mereka dan mengatur persediaan, sambil memfasilitasi transaksi keuangan, dengan alat seperti “Asisten Penjual”. Jadi pengguna akan mengetahui dengan mudah mana yang harus di-restock atau didiskon.

Selain itu, Shopee juga menyajikan beberapa fitur terbaru di antaranya Hashtag Search, Trending Hashtag, Home Feed, Seller Collections(item terpopuler dari setiap penjual), dan Sub-kategori untuk keperluan navigasi.

Diluncurkan secara terbatas (soft launch) di Juni 2015, Shopee telah memiliki 1,3 juta pengguna aktif di Indonesia, dengan lebih dari 700,000 daftar produk dari 60,000 penjual, hasil dari penggabungan dengan para influencer dan pengusaha ritel.

Artikel Terbaru