Friday, August 23, 2019
Home Headline 5 Hal Ini Bisa Jadi Tren di 2016

5 Hal Ini Bisa Jadi Tren di 2016

-

Ilustrasi smartphone merek global (Foto: phonearena.com)
Ilustrasi smartphone merek global (Foto: phonearena.com)

Jakarta, Selular.ID – Berbagai tipe dan model smartphone telah tersaji hingga penghujung tahun 2015 ini. Adalah sebuah keniscayaan jika untuk dapat bersaing di tengah kompetisi kian sengit, sejumlah terobosan pun kerap dihadirkan vendor pada smartphone yang mereka besut.

Jika di tahun 2015 kita sudah menyaksikan berbagai terobosan yang dilakukan sejumlah vendor di smartphone mereka, kali ini kami akan menyajikan beberapa hal yang bisa saja tren di tahun 2016. Apa saja, simak saja uraian berikut.

  1. Sensor Sidik Jari

Fitur sensor sidik jari memang bukanlah ‘barang’ baru, lantaran sudah ada beberapa tipe smartphone yang menyematkan salah satu dari metode keamanan berbasis teknologi biometrik ini. Hanya yang bisa digarisbawahi adalah smartphone yang telah tertanam sensor sidik jari umumnya merupakan smartphone kelas high-end.

Di 2016, fitur pengenalan sidik jari berkemungkinan bakal lebih banyak diadopsi dan tidak hanya eksklusif ada di ponsel kelas atas saja. Artinya, bukan suatu hal yang mustahil jika fitur ini bakal menjadi sesuatu yang umum ditemui pada smartphone yang secara banderol tidak begitu mahal. Sebagai contoh, ZTE, lewat smartphone anyar Blade A711. Dengan banderol hanyar Rp2 juta, smartphone ini sudah membawa fitur sensor sidik jari. Terobosan ZTE ini bisa saja diikuti oleh vendor lain tahun depan.

  1. Force Touch

Apa pun yang diumumkan Apple selalu menarik untuk ditunggu. Setelah membenamkan teknologi yang disebut sebagai Force Touch di jam tangan pintar Apple Watch, Apple kembali menyertakan fitur baru di iPhone 6s dan iPhone 6s Plus bernama 3D Touch.

Berdasarkan ramalan, teknologi tersebut dikatakan bakal digunakan juga oleh produsen smartphone lain di 2016. Seperti diungkap IHS dalam laporan terbarunya, diestimasi bahwasnya 25 persen smartphone baru akan mendukung fitur serupa. Huawei bahkan dirumorkan telah memiliki ponsel dengan fitur tersebut. Sementara itu, Synaptics juga mengumumkan teknologi serupa, yang nantinya ingin diterapkan di smartphone. Walhasil, bukan suatu yang mengejutkan bila seandainya fitur force touch bakal diadopsi banyak vendor di tahun 2016. So, kita lihat saja.

  1. USB Type C

USB Type-C merupakan standar baru yang dibuat oleh USB Implementers Forum (badan spesifikasi USB), khusus untuk receptacle, plug, dan kabelnya. Jadi, USB Type-C ini lebih kepada fisik port di PC desktop, laptop, smartphone, tablet, dan perangkat lainnya plus kepala dari kabel dan kabelnya. Port ini diklaim bisa mentransfer data dengan kecepatan hingga 10 Gbps.

Pada smartphone USB Type C pertama kali digunakan oleh vendor asal Tiongkok, OnePlus di produk anyar seri kedua mereka. Yup, OnePlus 2, smarthpone ini diklaim sang pabrikan sebagai smartphone flagship pertama yang datang mengusung konektor USB Type C.

Tahun depan, diperkirakan bakal banyak vendor yang siap mengadopsi USB Type C di perangkatnya. USB Type C memang membawa sejumlah kelebihan. Selain cepat mentransfer data, dengan menggunakan USB Type C, proses pengisian daya baterai juga lebih cepat. Dan hebatnya lagi, USB Type C juga bisa memiliki fungsi untuk menampilkan gambar dan suara dari perangkat ke TV atau proyektor hingga resolusi 4K. Syaratnya, dengan menggunakan konektor tambahan sehingga bisa terhubung dengan TV atau proyektor yang memiliki port VGA, DVI, HDMI, hingga DisplayPort.

 

  1. Smartphone Monster dengan RAM Besar

Asus berhasil mendobrak pasar lewat ZenFone 2. Tak hanya dibanderol dengan harga yang relatif lebih terjangkau dibanding smartphone flagship umumnya, Zenfone 2 juga dikemas dengan spesifikasi apik, salah satunya adalah memori RAM-nya yang sudah 4GB. Pasca Asus mengeluarkan smartphone dengan RAM 4GB, sontak diikuti dengan vendor lain yang juga mengeluarkan smartphone dengan RAM 4GB.

Bukan saja dengan RAM 4GB, smartphone yang datang dengan RAM lebih besar dari itu kemungkinan juga bakal menghiasi pasar smartphone tahun depan. Hingga saat ini memang belum ada keterangan resmi yang keluar dari vendor soal rencana mereka mengeluarkan smartphone dengan RAM lebih besar di atas 4GB. Namun demikian, dari kasak-kusuk yang beredar, vendor seperti HTC, Samsung, dan Xiaomi kerap diberitakan bakal mengadopsi RAM 5GB di perangkat unggulan mereka. Bahkan, Asus juga ikut diisukan bakal menggunakan RAM 5GB di Zenfone 3.

  1. Ponsel 4G LTE Murah

Ponsel 4G LTE sudah banyak bertebaran dan mudah ditemui bagi mereka yang ingin membelinya. Pun begitu, bicara mengenai ponsel 4G LTE murah, mungkin baru segelintir vendor saja yang sudah merilisnya.

Pasca rampungnya refarming spektrum baru 4G LTE di 1800 MHz, khususnya di Indonesia, diharapkan bakal banyak vendor yang menyambut dengan mendatangkan ponsel 4G murah mereka.

Untuk ponsel 4G LTE kelas low-end sendiri, saat ini ada sejumlah vendor yang sudah menunjukkan partisipasinya dengan menawarkan handset dengan kisaran harga Rp1 juta-an. Ke depan, tentu saja diharapkan bakal ada vendor-vendor lain yang juga akan membidik segmen yang sama.

Latest