Thursday, August 22, 2019
Home Apps 5 Aplikasi untuk Bantu Kinerja Smartphone Tetap Terjaga

5 Aplikasi untuk Bantu Kinerja Smartphone Tetap Terjaga

-

avastJakarta, Selular.ID – Kinerja smartphone atau tablet lambat, tentu sangat menyebalkan. Pun begitu, buru-buru mengambil keputusan untuk mengganti dengan yang baru juga bukan solusi yang bijak. Oleh karena bisa saja kinerja perangkat yang Anda miliki lambat hanya karena faktor sepele, misalnya sudah menumpuknya file-file sampah yang membuat space memori Anda terkuras. Walhasil, kinerja smartphone atau tablet pun menjadi tidak maksimal. Kalau sudah demikian, tidak ada salahnya jika Anda menginstal aplikasi yang bisa meningkatkan kinerja smartphone. Apa saja, simak uraian berikut.

[nextpage title=”Avast Cleanup & Boost”]

Avast Cleanup & Boost
Avast yang juga dikenal sebagai pengembang software keamanan memiliki sebuah aplikasi yang bermanfaat meningkatkan kinerja perangkat Android. Adalah Avast Cleanup & Boost, aplikasia yang berguna untuk mengoptimalkan dan mempercepat kinerja smartphone dengan membersihkan seluruh chace dan file sampah, thumbnails, serta aplikasi yang tidak diinginkan. Secara signifikan Avast Cleanup & Boost dapat membebaskan ruang memori di smartphone dan mempercepat kinerjanya.

avast

Avast Cleanup & Boost memiliki sejumlah fitur, di antaranya:

  1. Remove Junk: Avast Cleanup secara cepat menganalisis ruang memori pada smartphone dan mengidentifikasi seluruh data yang tidak diperlukan.
  2. Fitur Safe Cleaner yang cerdas secara langsung dapat membersihkan data yang tidak penting, sistem chace, gallery thumbnail, file instalasi, serta file sisa atau yang tidak terpakai dan APK. Hanya dengan sekali tap, pengguna dengan mudah untuk menghapus data yang terakumulasi yang tak memiliki manfaat.
  3. Dengan opsi Advanced Cleaning pengguna diberikan gambaran rinci dari semua data yang ada di smartphone mereka.
  4. Uninstall aplikasi dalam satu tap untuk membebaskan ruang simpan memori.
  5. Fitur Cleaner bisa berguna untuk mengidentifikasi file terbesar, media, dan aplikasi di perangkat pengguna.
  6. Melalui fitur ‘Ignore’ pengguna dapat menandai data yang tidak ingin dibersihkan.
  7. Optimalkan perangkat Android dan meningkatkan kecepatan.

Dengan membersihkan perangkat dari file sampah, cache, dan file tak berguna lainnya secara teratur, hal itu diharapkan dapat meningkatkan daya, kinerja, dan kecepatan. Aplikasi Avast Cleanup & Boost tersedia secara gratis di Google Play.

[nextpage title=”Clean Master”]

Clean Master
Ketika memori pada smartphone penuh, banyak pengguna yang mengambil jalan pintas dengan melakukan uninstall aplikasi yang dinilai tidak penting. Sayangnya, walau sudah dilakukan uninstall ternyata data cache dari aplikasi tersebut ternyata masih nyangkut alias tidak ikut terhapus.

du-speed-busAkibat menumpuknya file sampah tersebut tak jarang membuat performa smartphone menjadi tidak maksimal. Di sinilah aplikasi Clean Master memiliki peran dengan membersihkan cache dan file sampah yang ada pada smartphone.

Dalam aplikasi Clean Master tersedia beberapa menu utama yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk meningkatkan kinerja perangkat, di antaranya sebagai pembersih file sampah (Junk Files), Phone Boost, Antivirus, dan App Manager.

Clean Master merupakan salah satu aplikasi pembersih file sampah yang popular dan banyak digunakan oleh para pengguna perangkat Android. Aplikasi ini dikembangkan oleh developer bernama Cheetah Mobile.

Tersedia secara gratis di Google Play Store, Clean Master sudah support beberapa bahasa, seperti Arab, Bulgaria, Cina, Kroasia, Ceko, Belanda, Inggris, Perancis, Jerman, Yunani, Ibrani, Hungaria, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Norwegia, Polandia, Portugis, Rumania, Rusia, Serbia, Slovakia, Spanyol, Thailand, Turki, Ukraina, Vietnam, dan Melayu.

[nextpage title=”Link2SD”]

Link2SD
Melihat manfaatnya yang bisa memindahkan sebagian data aplikasi ke memori eksternal, aplikasi Link2SD sepertinya sangat pantas dimiliki oleh pengguna smartphone Android dengan kapasitas memori internal yang kecil.

Pengguna Android memang dimanjakan dengan melimpahnya aplikasi yang tersedia  di Google Play Store dengan ukuran file yang juga bervariasi. Tanpa terasa, bisa saja aplikasi yang Anda install ternyata telah memenuhi kapasitas memori internal yang disediakan. Ujung-ujungnya, pengguna pun bisa menempuh cara lain, yakni dengan memindahkan data aplikasi ke memori eksternal. Nah, di sinilah aplikasi Link2SD memiliki peran bagi penggunanya.

link-2Untuk memindahkan data aplikasi ke memori eksternal, Link2SD membutuhkan sebuah partisi khusus pada SD card yang bisa dijadikan tempat penyimpanan data aplikasi yang seharusnya disimpan di memori internal sebuah perangkat.

Sayangnya, seperti diurai di atas untuk memanfaatkan aplikasi ini pengguna harus melakukan beberapa kegiatan ekstra yang membutuhkan sedikit keahlian. Yup, selain perangkat harus terlebih dahulu di-root, kartu micro-SD yang dimiliki juga harus dipastisi.

Jadi, sebelum menginstal aplikasi Link2SD ke perangkat, ada baiknya Anda melakukan dua tersebut. Namun, bagi yang tidak ingin mengambil resiko yang bisa saja terjadi di perangkat Anda lebih baik urungkan niat untuk menggunakan aplikasi ini.

[nextpage title=”360 Security – Antivirus Boost”]

360 Security – Antivirus Boost
Sebagai aplikasi yang dirancang untuk melindungi perangkat Android, 360 Security Antivirus-Boost bermanfaat untuk menangkal perangkat dari virus terbaru, malware, kerentanan sistem, dan dari risiko privasi. Tak hanya menangkal hadirnya virus ke perangkat, aplikasi ini juga dapat membersihkan cache aplikasi dan file sampah dari perangkat pengguna, serta meningkatkan ruang memori yang tersedia pada kartu microSD dan menigkatkan kinerja perangkat Android Anda.

boost

Berikut fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna dari aplikasi 360 Security:

  • Security & Antivirus: secara otomatis, aplikasi akan memindai aplikasi yang terinstal, konten di kartu memori, dan aplikasi baru. Teknologi keamanan terkini dari 360 Security memproteksi perangkat dari virus, adware, malware, trojan, dan masih banyak lagi.
  • Junk File Cleaner: Cukup sekali tekan, aplikasi akan menghapus file tidak berguna di perangkat, cache file besar dan aplikasi untuk meningkatkan kinerja Android Anda.
  • Memory Boost: dengan One Tap Clean fitur ini bermanfaat untuk membebaskan memori RAM dan meningkatkan kinerja smartphone.

Selain memiliki fitur di atas, aplikasi ini juga menawarkan kelebihan lainnya, seperti bisa menghemat daya, anti maling (anti-theft), mencegah data pada perangkat seperti aplikasi, SMS, album foto, dan dokumen penting lainnya jatuh ke tangan orang yang salah, serta memindai aplikasi yang telah diinstal dan file APK secara real time serta memonitor setiap proses instalasi.

Aplikasi 360 Security Antivirus-Boost dikembangkan oleh 360 Mobile Security Limited dan bisa di-download secara gratis di Google Play Store.

[nextpage title=”Avast Battery Saver”]

Avast Battery Saver
Sesuai namanya aplikasi ini memiliki manfaat sebagai penghemat baterai. Avast mengklaim bahwa aplikasi penghemat baterainya, selain cerdas juga dapat meningkatkan umur baterai hingga rata-rata selama 7 jam. Hal itu berkat kemampuannya dalam mengoptimalkan setting perangkat, semisal koneksi data dan timeout tampilan, dengan mempelajari perilaku penggunaan individu.

“Semua orang membutuhkan umur baterai yang lebih lama bagi perangkat mobile mereka – tetapi kebanyakan penghemat baterai mematikan aplikasi yang salah. Avast Battery Saver mempelajari aplikasi mana yang paling penting bagi pengguna, dan hanya mematikan aplikasi yang jarang digunakan,” kata Vince Steckler, CEO of Avast.

avast-baterysaverTidak seperti aplikasi penghemat baterai lainnya, Avast Battery Saver secara otomatis mengaktifkan beberapa profil berdasarkan lokasi dan waktu pengguna. Aplikasi ini tidak membutuhkan perubahan perilaku maupun penggunaan. Sehingga umur baterai menjadi lebih panjang, dengan tidak merepotkan pengguna.

Ini yang dilakukan Avast Battery Saver untuk membuat perangkat Android bekerja lebih efisien:

  • Profil cerdas – mengaktifkan secara otomatis berdasarkan waktu, lokasi dan daya yang tersisa pada baterai.
  • Konsumsi aplikasi – mendeteksi dan secara permanen mematikan aplikasi yang menyerap terlalu banyak energi baterai.
  • Estimasi yang Teliti – menentukan waktu sisa baterai berdasarkan penggunaan telefon sebenarnya dan data historis.

Avast Battery Saver sudah tersedia di Google Play Store. Benarkah aplikasi ini bisa memperpanjang umur baterai hingga 7 jam? Buktikan saja.

Latest