Friday, September 20, 2019
Home News Smartfren Bakal Hadirkan VoLTE di Q1 2016

Smartfren Bakal Hadirkan VoLTE di Q1 2016

-

image

Jakarta, Selular.ID – Smartfren di qwartal pertama 2016 disebut-sebut akan menghadirkan layanan lain dari teknologi 4G yakni Voice Over Long Time Evolution (VoLTE). 

Artinya komunikasi voice atau suara bisa dilakukan melalui jatingan LTE. Hal tersebut diungkapkan Munir Syahda Prabowo, VP Network Smartfren Telecom, di kantor Smartfren BSD Banten (11/11/15).

Munir menyebutkan, keuntungan penggunaan VoLTE adalah suara yang dihasilkan jauh lebih jernih, karena tak lagi dilakukan kompresi secara signifikan.

”Teknologi VoLTE cara sampling-nya berbeda, bisa dibilang tak ada compress di sini. Karena kan kapasitasnya lebih besar karena pakai jaringan LTE. Jadi kualitas suaranya juga jauh lebih baik,” ungkap Munir.

Untuk teknologi VoLTE Munir menyebutkan data yang digunakan hanya sekitar 13  hingga 18 Kbps. Namun harus diperhatikan untuk layanan VoLTE, device yang ada pun harus mendukung layanan ini yakni ponsel yang sudah support 4G.

Nantinya dijelaskan Munir, VoLTE akan dikombinasikan juga dengan yang namanya VoWiFi. Bedanya adalah, VoWiFi yang merupakan singkatan dari Voice over WiFi mengandalkan jaringan WiFi sebagai jalur koneksinya.

“Begitu jernih suaranya ketika teleponan seakan-akan lawan bicaranya ada di depan kita,” ungkap Munir.

Latest