Satu Triliun Streaming Musik Diputar Selama Enam Bulan

Foto: imore.com/
Foto: imore.com/
Foto: imore.com/

Jakarta, Selular.ID – Penggunaan aplikasi streaming musik telah meningkat dengan pesat, seiring dengan tumbuhnya pengguna smartphone, terutama di negara-negara berkembang. Menurut laporan dari Next Big Sound, 1 triliun streaming suara dimainkan dalam enam bulan terakhir selama tahun 2015. Itu artinya rata-rata ada 140 streaming musik yang dimainkan setiap orang di dunia.

Streaming musik menjadi pilihan ketika smartphone terbatas oleh kapasitas memori. Dengan streaming, pengguna mengakses lagu langsung dari cloud, sehingga tidak perlu lagi menyimpan ribuan lagu di ponsel.

Streaming musik bisa diartikan sebagai membeli lagu dengan data internet. Dengan demikian streaming merupakan langkah untuk menghargai karya yang dihasilkan oleh musisi tanpa harus mengunduh lagu bajakan.

Namun, mendengarkan lagu dari aplikasi streaming musik atau radio online selama 9 jam akan menghabiskan data sebesar 1 GB. Hal ini tentu sangat merugikan pengguna yang menggunakan mobile data.

“Semakin banyak orang yang menikmati musik favorit mereka melalui aplikasi. Namun, aplikasi tersebut memakan banyak data internet dengan sangat cepat,” ungkap Sergey Lossev, Manajer Produk di Opera.

Karena itu, Opera Max menggunakan fitur optimisasi audio streaming yang didukung oleh Rocket Optimizer, yang mampu mengatur arus audio streaming dengan cara yang sama untuk video. Fitur ini juga mendukung format MP3 dan MP4, serta mengkonversi arus musik menjadi AAC+ codec yang lebih efisien, yang mampu memberikan suara berkualitas tinggi meski dalam koneksi yang rendah dengan menggunakan jenis perangkat apapun.