spot_img
BerandaReview Smartphone & Gadget TerlengkapReview Sony Xperia C5 Ultra: Bikin Selfie Lebih Mumpuni

Review Sony Xperia C5 Ultra: Bikin Selfie Lebih Mumpuni

-

Xperia-C5-Ultra_3-640x480Jakarta, Selular.ID – Menjual kemampuan selfie yang mumpuni, Sony Xperia C5 Ultra menjadi smartphone termahal yang mengakomodasi pengguna yang suka menjepret diri sendiri. Benamkan lampu flash pada kamera depan, dianggap menjadi daya tarik pengguna untuk selfie di kondisi low light.

[quote_box_center]

Kelebihan:
Kualitas kamera depan mumpuni
Layar gunakan teknologi Bravia Engine
Layarnya yang terlihat tanpa bezel

Kekurangan:
Desain standart
Rekam video belum 4K

[/quote_box_center]

Desain

Tidak jauh berbeda dari seri Xperia sebelumnya, Xperia C5 Ultra memiliki desain yang sederhana meski ukurannya terbilang bongsor. Uniknya Sony membuat Xperia C5 Ultra dengan borderless screen yang hanya memiliki bezel 0.8mm, sehingga layar nampak tidak memiliki bezel.

Diatas layar terdapat kamera 13MP yang dilengkapi dengan LED Flash, earpiece grill, notifikasi LED, dan sensor. Sedangkan pada bagian bawah layar sony hanyamenempatkan speaker dan tidak menempatkan tombol apapun. Untuk navigasi pengguna dipersilahkan menggunakan tiga tombol on screen yang dapat berfungsi sebagai tombol back, home dan recent app.

Anda dapat menemukan tombol fisiknya diletakan pada bagian sisi kanan phablet, yakni tombol lock atau power, volume dan shutter kamera. Kemudian pada sisi sebaliknya terdapat slot untuk dual SIM card beserta MicroSD eksternal. Pada bagian sisi atasnya terdapat port Jack audio, sedangkan dibagian bawah terdapat port USB.

Tidak seperti pada seri Z, di Xperia C5 Ultra menggunakan back cover berbahan plastik yang berkualitas dengan finishing glossy. Padabagian ini terpasang kamera 13MP yang juga dilengkapi dengan LED Flash, dan juga terdapat logo NFC, Sony, dan Xperia.

Layar
Menggunakan teknologi Bravia Engine 2 yang didukung resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, layar 6 inci dengan kerapatan piksel 367 ppi. Dengan layar ini Xperia C5 Ultra mampu menampilkan gambar dengan warna terlihat lebih kontras dan tajam.

interfaceXperia C5 Ultra menggunakan sistem operasi Android 5.0 Lollipop yang dilapisi dengan Xperia UI. Pada tampilannya tidak jauh berbeda dengan smartphone Xperia lainnya. Pada tampilan lockscreen, smartphone ini menampilkan waktu dan tanggal dan shortcut panggilan dan kamera. Masuk kehalaman home screen, secara default Sony meyediakan 3 panel homescreen. Panel ini dapat ditambahkan sesuai kebutuhan pengguna untuk menempatkan widget dan shortcut.

fitur2Pada tampilan App drawer, sony akan menampilkan semua aplikasi yang terinstall pada smartphone. Secara default ada 1 halaman, namun halaman ini akan bertambah jika anda menambahkan aplikasi didalamnya. Pada tampilan ini pengguna dapat menghapus atau uninstall aplikasi yang tidak diinginkan dengan mengusap bagian paling sebelah kiri dalam menu utama.[nextpage title=”Kamera”]
Kamera
Salah satu keunggulan pada smartphone ini adalah fitur kamera. Dibekali sensor kamera 13MP wide angle 25m yang dilengkapi dengan LED Flash. Dengan kamera ini smartphone mampu menghasilkan foto dengan resolusi 4096x3072piksel. Kamera ini dibekali fitur focus mode, HDR, dan Image Stabilizer. Selain itu sony juga menawarkan beberapa mode seperti Superior Auto, Manual, Style Portrait, AR Mask, dan lain-lain.

kameraTidak hanya kamera belakang, kamera depan juga menggunakan resolusi yang sama dan juga dilengkapi lampu LED dengan pilihan fitur yang sama pula. Dedanya Sony menempatkan ukuran wide angle yang berbeda, untuk kamera belakang memiliki wide angle sebesar 22mm.

Saat digunakan untuk mengambil foto, hasilnya terbilang jelas dan terang. Tidak hanya foto dari kamera utama. Hasil dari kamera depan untuk selfie juga terbilang bagus. Untuk merekam video, mampu mereekam dengan kualitas Full HD dengan fitur Steady Shot. Fitur ini dapat mengurangi getaran atau guncangan pada saat bergerak.

Multimedia
Tidak hanya kamera, dari segi multimedia, Sony juga menyediakan fitur multimdia yang lengkap pada C5 Ultra. Sony masih mempercayakan aplikasi bawaan dari Google serta aplikasi pemutar musik tambahan bernama Music. Aplikasi ini memiliki pilihan Play Queue, recently added dan newly added, akan tetapi Anda dapat mengaturnya berdasarakan urutan artis, album, lagu, folder dan playlist Anda sendiri. Untuk lebih menikmati suara lebih maksimal, pengguna dapat menggunakan pengaturan audionya melalui fitur ClearAudio+ untuk mengoptimasikan suara secara automatis. Pengaturan manual bisa juga dilakukan mealui sound effect>equalizer.

musicSelain pemutar musik ada pemutaran video yang dapat memutar beragam format file video. Tidak hanya itu kenyamanan lainny juga bisa didapatkan saat aplikasi ini mampu menampilkan subtittle dengan sempurna.[nextpage title=”Performa”]
Performa
Untuk menjalankan sistem operasi Android, Sony mempercayakan chipset prosesor MediaTek MT6752 pada Xperia C5 Ultra ini. Didukung dengan CPU Octa-core 1.7GHz Cortex A53, GPU Mali T6752, dan RAM 2GB, pengguna akan mendapatkan pengalaman menggunakan smartphone yang lebih powerfull.

hardwarePengujian performa kami uji dengan mengguakan aplikasi Antutu benchmark. Dengan aplikasi ini Xperia C5 Ultra mendapatkan skor 43 ribuan. Selain dengan aplikasi Benchamrk kami juga mengujinya dengan game berat Asphalt 8: Airborne. Dengan game ini, C5 Ultra dapat dimainkan dengan lancar dan tidak tersendat.

Sony Xperia C5 Ultra diperkuat dengan baterai berkapasitas 2930 mAh. Dengan kapasitas ini sony mengklaim bahwa Xperia C5 Ultra ini mampu bertahan selama 14 jam untuk talk time dan 594 jam untuk mode stanby. Untuk pemtaran musik bertahan selama 60 jam serta memutar video selama 7 jam. Pada saat pengujian, kami mengisi baterai penuh 100 %, selama 3 jam pemakaian baterai masih tersisa 85%.

Konektivitas
Untuk fasilitas koneksi, pengguna diperkenankan untuk browsing, streming dan download dengan koneksi 4G/LTE. Dengan koneksi ini maka bisa dipastikan pengguna akan merasa nyaman saat menggunakannya. Untuk fasilitas internet, Sony masih menyediakan koneksi WiFi. Dengan koneksi ini pengguna dapat terhubung di hotspot yang tersedia diarea mereka. Kelebihan lainnya adalah dengan adanya WiFi Direct dan DLNA.

konektivitasUntuk koneksi nirkabel tersedia Bluetooth, NFC dan GPS. Sedangkan untuk koneksi kabela tersedia port Micro USB V2.0 dengan kemampua On The Go (OTG).

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru