Monday, April 6, 2020
Home News Startup Qlapa Bantu Cari Produk Handmade Unik Langsung dari Para Pengrajin Lokal

Qlapa Bantu Cari Produk Handmade Unik Langsung dari Para Pengrajin Lokal

-

qlapa

Jakarta, Selular.ID – Beberapa tahun ini, produk kerajinan tangan Indonesia mulai mendapat apresiasi yang lebih besar dari pasar lokal dan internasional.

Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, industri kerajinan tangan adalah salah satu sub-sektor terbesar di industri kreatif Indonesia, dengan memberikan dengan menghasilkan Rp21 triliun nilai ekspor dan Rp145 triliun dari konsumsi rumah tangga.

Animo masyarakat sendiri juga semakin meningkat. Salah satu pameran produk kerajinan tangan terbesar Indonesia, Inacraft, berhasil menarik 154.363 pengunjung dan menghasilkan total penjualan senilai Rp115,7 miliar dan kontrak dagang senilai USD9,1 juta (sekitar Rp122 miliar) hanya dalam waktu 4 hari pameran. Tren ini juga diikuti oleh kalangan anak muda dengan munculnya berbagai bazaar dan pameran produk handmade seperti Brightspot Market, Pop Up Market, Sunday Market, dan lainnya.

Melihat kondisi pasar itu, Qlapa ingin membantu para pengrajin produk handmade di Indonesia agar bisa lebih maju lagi. Diluncurkan tanggal 1 November lalu, Qlapa sendiri adalah situs marketplace online khusus untuk produk handmade dan kerajinan tangan buatan Indonesia. Di sini, pembeli dapat membeli produk handmade yang unik langsung dari pembuatnya yang berasal dari seluruh Indonesia. Hingga saat ini, Qlapa menjual ribuan produk kerajinan tangan yang berasal dari ratusan penjual lokal.

Setiap transaksi di Qlapa juga akan menggunakan sistem yang diotomisasi dan menggunakan rekening bersama, sehingga pembeli bisa melakukan transaksi dengan lebih nyaman dan terjamin keamanannya. Selain itu, sistem ini juga dilengkapi penghitungan ongkos kirim serta manajemen pemesanan yang rapi, sehingga penjual di sisi lain bisa berjualan dengan lebih efisien dan fokus pada membuat produk yang berkualitas.

Fitur-fitur lain di Qlapa juga dibuat sedemikian rupa agar sesuai dengan perilaku jual beli produk handmade yang sering terjadi. Di sini penjual bisa menawarkan variasi produk jika produknya punya banyak variasi warna.

Ada juga fitur kustomisasi yang memungkinkan penjual menerima pesanan custom dari penjual. Penjual juga bisa menerima pesanan dalam bentuk pre-order jika penjual tersebut memang hanya membuat produk handmade-nya berdasarkan pesanan saja. Dengan begitu, penjual bisa menjual produk handmade-nya tanpa mendapat batasan, sedangkan pembeli bisa mendapatkan pilihan yang lebih banyak dan leluasa ketika sedang mencari produk dan berbelanja.

TERBARU

Smartphone Xiaomi Bakal Punya Kamera 144MP?

Jakarta, Selular.ID - Belum puas dengan kamera 108MP pada Mi Note Pro, Xiaomi rupanya...

Skype Rilis Fitur Baru Meet Now

Jakarta, Selular.ID - Skype manfatkan situasi saat ini. Di tengah pandemi Covid-19, Skype dilaporkan...

Di Likee bisa Konsultasi Kesehatan secara Online

Menanggapi keadaan darurat kesehatan global akibat pandemi COVID-19, Likee, platform pembuatan video pendek global,...

Latest