News

Lewat Meme #PemudaMasaGini, Advan Ajak Pemuda Hindari Perilaku Negatif

pemuda-masaginiJakarta, Selular.ID – Melalui ruang kreativitas “meme” yang dimediasi oleh teknologi Internet, Advan menjaring tagar #PemudaMasaGini sebagai bentuk kampanye sindiran yang bermakna ajakan untuk menghindari berbagai perilaku negatif para pemuda saat ini.

Semangat sumpah pemuda yang digulirkan Advan melalui media meme dengan tagar #PemudaMasaGini, disebut telah mulai berkembang menjadi viral. Hal itu dibuktikan dari hasil tools monitoring yang dilakukan Advan melalui hashtracking.com bahwa sejak kampanye digulirkan dari 28 Oktober sampai 3 November 2015, telah mendapat perhatian para netizen di Instagram dengan jumlah reach 5.435.936 orang dan jumlah impression 5.436.120 kali.

Mengacu pada data tersebut, kompetisi meme #PemudaMasaGini yang sejatinya digelar pada 4 – 16 November 2015 telah mampu mencuri perhatian dan mengantongi respon yang cukup positif dari para netizen. Respon tersebut yang membuat Advan semakin yakin bahwa semangat Sumpah Pemuda masih tertanam di hati para pemuda Indonesia harus terus dinyalakan dengan cara yang relevan dengan kondisi zaman.

Baca juga :  Tim Avengers Siap Berlaga di Game Marvel’s Midnight Suns

Tjandra Lianto selaku Marketing Director Advan mengatakan tidak semua pemuda Indonesia tergerus pada arus globalisasi yang negatif.

“Melalui teknologi Advan mengajak para pemuda untuk bisa kembali memaknai Sumpah Pemuda dan mengamalkan semangat perubahan yang sudah dicontohkan oleh para pemuda kita dulu,” lanjutnya.

Sedangkan menurut Dodi Sofiadi selaku praktisi media sekaligus Media Director salah satu agency di Jakarta, yang juga mewakili suara generasi baru Indonesia memandang, bahwa dekadensi anak muda yang ditangkap Advan kali ini caranya sangat tepat. “Social Media kini seringkali dijadikan cara untuk menembus “kesempitan” pakem-pakem lama yang dinilai kurang relevan dengan tuntutan era kini yang serba efektif,” ujar Dodi.

Baca juga :  Kembangkan Teknologi AI yang Inovatif, Honor Bermitra dengan Microsoft

Pandangan tersebut sejalan dengan gaya komunikasi meme yang didalamnya membawa unsur budaya, replikasi dan respon. Replikasi meme berupa upaya untuk mereplika gambar dengan cara yang sederhana. Dari situlah tercipta sebuah alur komunikasi yang kemudian mendapatkan respon melalui platform internet. Sebagai bentuk budaya, meme bisa berbentuk macam-macam seperti gambar, tulisan video, musik dan lain-lain.

Meme juga bersifat fun dan mudah untuk dibagikan. Bahasanya yang singkat namun “in” mudah diidentifikasi dan menjadi cara berkomunikasi yang efektif sehingga lebih mudah disukai dan diterima oleh generasi baru era kini.

Advan berharap dengan program ini  mampu memberikan dampak yang positif bagi perjalanan sejarah pemuda Indonesia. Social Movement yang menjadi misi besar Advan melalui digital kali ini, bisa dijadikan sebagai pemicu pergerarakan perubahan pemuda Indonesia ke arah yang lebih baik.

About the author

selular

Leave a Comment