Beranda News Dunia Internet Siap Masuki Era Baru Dengan HTTP/2

Dunia Internet Siap Masuki Era Baru Dengan HTTP/2

-

tablet usage

Jakarta, Selular.ID – Dunia internet siap memasuki era baru seiring dengan disetujuinya HTTP/2 oleh Internet Engineering Steering Group (IESG), salah satu badan yang bertanggung jawab dalam mengatur, mengontrol serta melakukan standarisasi protokol yang digunakan di Internet.

Protokol web generasi terbaru ini akan menjawab sejumlah tantangan yang dihadapi oleh HTTP 1.1 sebagai protokol web generasi pertama sehingga dapat beradaptasi dengan teknologi pendukung situs yang telah berkembang pesat.

HTTP/2 merupakan sebuah terobosan besar yang telah ditunggu-tunggu selama lebih dari 16 tahun sejak HTTP/1.1 diterapkan pertama kalinya pada tahun 1999. Sejumlah perubahan signifikan untuk memperbaiki kelemahan protokol web versi pertama telah disematkan dalam protokol web terbaru ini, terutama dari segi kecepatan dan keamanan guna memberikan pengalaman berselancar Internet yang jauh lebih baik. Dengan HTTP/2, hal utama yang akan dirasakan saat mengakses Internet adalah waktu loading halaman situs yang lebih cepat, lebih aman serta lebih hemat bandwith.

HTTP sendiri adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol dan merupakan standar protokol web yang digunakan oleh perangkat lunak dari seluruh peramban (software browser) yang menjadi dasar komunikasi data sehingga dapat menampilkan sebuah halaman situs di layar peramban.

“Teknologi web telah berkembang pesat selama 25 tahun terakhir dengan adanya CSS, Javascript dan HTML sehingga membuat tampilan sebuah situs menjadi lebih menarik dan interaktif. Sayangnya, perkembangan tersebut tidak didukung oleh teknologi protokol web yang mumpuni karena dapat dikatakan protokol yang digunakan saat ini sudah usang, tidak mengikuti perkembangan jaman sehingga menyebabkan loading situs interaktif semakin lama semakin lambat dan membuat banyak developer web frustrasi. HTTP/2 merupakan solusi yang telah ditunggu-tunggu dan penerapannya akan menandai dimulainya era baru dunia Internet,” ungkap Edy Budiman, Founder dan CEO, PT Dewaweb.

HTTP/2 sudah didukung oleh peramban seperti IE versi 11, Firefox 38, Chrome 42, Safari 9, Opera 30, iOS Safari 9, serta Chrome for Android v42. Namun belum semua server mendukung teknologi HTTP/2 ini sehingga fitur HTTP/2 belum dapat dinikmati secara luas.

Artikel Terbaru