Monday, April 6, 2020
Home Fokus Akses Super Cepat 4G Indosat di Yogyakarta (Bagian 1)

Akses Super Cepat 4G Indosat di Yogyakarta (Bagian 1)

-

Rektorat UGM Yogyakarta
Rektorat UGM Yogyakarta

Yogyakarta, Selular.ID – Setelah melakukan pengujian akses 4G LTE di Bali, petualangan Selular dalam berlanjut ke kota Yogyakarta. Kota yang kental dengan adat budayanya , sehingga dijuluki sebagai kota budaya. Yogyakarta juga dikenal dengan sebutan kota pelajar. Ini karena hampir 20% penduduk produktifnya adalah pelajar. Di mana di kota ini terdapat 137 perguruan tinggi yang menjadi tujuan para pelajar dari berbagai daerah di Indonesia. Tidak heran jika kota ini begitu diwarnai dengan dinamika pelajar dan mahasiswa. Bisa dibayangkan bagaimana kesibukkan di kota yang juga menjadi Daerah Istimewa ini.
Hal ini pun terkait dengan akses internet yang sudah menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari warga Yogyakarta. Wajar jika Yogyakarta menjadi salah satu prioritas bagi para operator selular dalam penyediaan layanan akses mobile internet. Termasuk bagi Indosat yang sudah sejak jauh-jauh hari melakukan modernisasi jaringannya di kota ini agar bisa menyediakan akses internet yang semakin cepat.

Termasuk dalam melakukan peningkatan kualitas akses internet ke arah 4G. Sejak sekitar awal tahun ini Indosat sudah menyediakan akses 4G berbasis LTE di Yogyakarta. Dan di penghujung tahun ini, Indosat kembali melakukan upaya peningkatan kualitas layanan 4G-nya dengan meng-upgrade jaringannya sehingga dapat mendukung teknologi 4G Carier Aggregation. Dengan teknologi ini kecepatan akses 4G Indosat bisa di-push hingga mencapai kecepatan di kisaran 100 Mbps.

Dan hal ini yang juga kami rasakan sendiri ketika menguji kecepatan akses 4G Indosat di beberapa titik lokasi di Yogyakarta. Kecepatan akses internet berbasis 4G yang ditangkap benar bisa mencapai hingga 100 Mbps. Sebagai perbandingan, Selular juga melakukan uji kecepatan akses internet 4G dari beberapa operator lainnya. Di mana dalam pengujian ini, masih menggunakan smartphone yang sama dengan yang digunakan pada pengujian akses 4G di Bali. Termasuk aplikasi pengujian yang masih menggunakan aplikasi Ookla Speedtest dan Sensorly. Dan berikut ini hasil pengujian akses 4G LTE di beberapa titik lokasi di kota Yogyakarta :

Rektorat Universitas Gajah Mada
Area kampus Universitas Gajah Mada (UGM) menjadi titik awal lokasi pengujian akses 4G di Yogyakarta. Kami menilai kebutuhan akan akses internet di kampus dinilai sangat tinggi. Karena kebutuhan akses internet tentu sudah tidak bisa dipisahkan dari aktifitas mahasiswa saat ini. Dan tentunya ini menjadi salah satu lokasi prioritas dari para operator dalam penyediaan layanan akses internet.

rektorat

Rektorat menjadi lokasi kami melakukan pengukuran kecepatan akses 4G di area UGM. Di titik ini akses 4G dari beberapa operator bisa terdeteksi. Namun ketika dilakukan pengukuran, kecepatan akses yang diterima smartphone, ternyata berbeda-beda. Akses 4G Indosat bisa menembus kecepatan hingga 101,91 Mbps (download) dan 21,93 Mbps (upload) dengan menggunakan aplikasi Ookla Speedtest. Sedangkan kecepatan 4G Indosat yang ditangkap oleh aplikasi Sensorly, mencapai 100,18 Mbps (download) dan 16,75 (upload). Bahkan ketika kami mencoba melakukan pengukuran lagi, tetap didapatkan kecepatan yang tinggi, yaitu 101,38 Mbps (download) dan 23,1 Mbps (upload). Dengan kecepatan itu, kami merasakan melakukan berbagai aktifitas akses internet terasa sangat nyaman. Dowloading file berukuran besar hingga Streaming video berkualitas HD di YouTube, terasa mulus dan cepat tanpa ada jeda sedikit pun. Kecepatan akses 4G Indosat di lokasi ini mengungguli kecepatan dari operator lainnya. Karena kecepatan 4G operator lainnya, rata-rata mencapai 45,69 Mbps (download) dan 22,11 (upload).

Perpustakaan UGM
Kami mencoba melakukan pengujian di lokasi lain namun masih di dalam area Universitas Gajah Mada. Ini lantaran begitu luasnya area universitas negeri ternama ini. Dan kali ini kami memilih area di sekitar perpustakaan UGM. Dengan pertimbangan lokasi ini juga menjadi salah satu tempat yang sering dituju oleh mahasiswa.

Di lokasi ini akses 4G masih bisa ditangkap dengan baik, di mana indikator jaringan yang ada di layar smartphone menunjukkan sinyal fullbar. Tidak heran saat kami mencoba melakukan upload video ke jejaring sosial Path, Twitter dan Facebook bisa dilakukan dengan lancar dan cepat. Namun ada juga beberapa operator yang kurang baik sinyal 4G-nya bahkan ada pula yang hanya sebatas 3G/HSPA+.

perpustakaan

Kami pun penasaran dengan besaran kecepatan akses 4G di area ini. Dan dari hasil pengukuran, kecepatan akses 4G Indosat di sini masih tinggi, yaitu di kisaran 93,85 Mbps (download) dan 20,23 (upload) menggunakan aplikasi Ookla Speedtest. Sedangkan pengukuran menggunakan Sensorly didapatkan kecepatan 74,62 Mbps (download) dan 16,55 (upload). Sedangkan kecepatan akses 4G rata-rata dari operator lain mencapai angka 27,6 (download) dan 20,23 (upload).

Fakultas Kedokteran UGM
Masih di seputar area Universitas Gajah Mada, kali ini kami mengukur kecepatan akses 4G di lokasi yang menjadi pusat keramaian para mahasiswa. Yaitu di kawasan kampus. Dan kami memilih di sekitar Fakultas Kedokteran UGM. Dan kondisi saat itu memang sedang ramai dengan mahasiswa yang berkerumun di area kampus. Terlihat mereka sibuk menggunakan gadget masing-masing, mulai dari laptop, tablet dan smartphone.

kedokteran

Di lokasi ini sinyal 4G Indosat masih kuat memancar dan stabil. Terbukti dari tangkapan sinyal pada smartphone yang kami gunakan, menunjukan indikator sinyal penuh. Dan dari hasil pengukuran kecepatan 4G Indosat tidak melemah. Di mana kecepatan masih stabil di kisaran 100,61 Mbps (download) dan 18,17 mbps (upload) yaitu pengukuran menggunakan aplikasi Ookla Speedtest. Sedangkan pengukuran menggunakan aplikasi Sensorly, kecepatan 4G yang didapat mencapai 85,51 Mbps (download) dan 16,61 Mbps (upload). Kesempatan ini pun kami manfaatkan untuk melakukan video streaming berkualitas HD (High Definition). Dan yang terasa video terlihat berjalan dengan mulus tanpa jeda sama sekali.
Bagaimana dengan operator lain ? Ada operator yang tetap bisa menangkap akses 4G, Ketika kami melakukan pengukuran, akses 4G juga bisa ditangkap dengan baik. Di mana kecepatan akses internetnya berkisar 23,3 Mbps (download) dan 14,21 (upload).

Pengukuran akses 4G di Yogyakarta masih akan berlanjut ke lokasi lainnya….(bersambung)

TERBARU

Smartphone Xiaomi Bakal Punya Kamera 144MP?

Jakarta, Selular.ID - Belum puas dengan kamera 108MP pada Mi Note Pro, Xiaomi rupanya...

Skype Rilis Fitur Baru Meet Now

Jakarta, Selular.ID - Skype manfatkan situasi saat ini. Di tengah pandemi Covid-19, Skype dilaporkan...

Di Likee bisa Konsultasi Kesehatan secara Online

Menanggapi keadaan darurat kesehatan global akibat pandemi COVID-19, Likee, platform pembuatan video pendek global,...

Latest