Friday, July 19, 2019
Home News Tim 'Thor' Kanjahuran Malang Juarai Kompetisi Microsoft CityApp Appathon

Tim ‘Thor’ Kanjahuran Malang Juarai Kompetisi Microsoft CityApp Appathon

-

CityApp Appathon
CityApp Appathon

Jakarta, Selular.ID – Setelah bertarung selama dua hari di Sidoarjo, tim Thor dari Universitas Kanjuhuran Malang (UNIKAMA) akhirnya keluar sebagai juara dari kompetisi pembuatan aplikasi berbasis web dan mobile, Microsoft CityApp Appathon.

Tim Thor menunjukkan keunggulannya dibanding peserta lain dengan proyek Road Report (ROAR) mereka yang membantu warga dengan mudah melapor kondisi jalanan yang buruk kepada pihak otoritas yang berwenang untuk tanggapan cepat.

Tahun lalu CityApp Appathon diselenggarakan di Makassar, Sulawesi Selatan. Pindah ke Pulau Jawa, Microsoft dan CityNet (Jaringan Regional Otoritas Lokal Pengelolaan Cipta Karya) didukung oleh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, dengan tujuan memanfaatkan imajinasi dan inovasi kaum pemuda dan pelajar di daerah Sidoarjo untuk mengembangkan solusi yang berkesinambungan secara teknis atas tantangan pembangunan urban.

“Inovasi luar biasa di era perangkat digital saat ini memungkinkan kota-kota dengan pertumbuhan pesat seperti Sidoarjo untuk menumbuhkan ekonomi mereka, mendorong pertumbuhan lapangan pekerjaan, serta menciptakan masyarakat yang modern, aman, berpendidikan, dan sehat,” ujar Stefan Sjöström, Vice President Public Sector, Microsoft Asia.

CityApp Appathon di Sidoarjo merupakan salah satu rangkaian program Microsoft CityNet yang merupakan kerjasama strategis antara Microsoft, CityNet dan Pemerintah Kota Sidoarjo untuk merekonstruksi dan mengembangkan Kota Sidoarjo menjadi salah satu smart city di Indonesia.

Salah satu pilar utama CityNext yakni mengikutsertakan masyarakat dengan alat, pelatihan, dan pembinaan yang diperlukan, serta bekerja sama dengan pengusaha lokal untuk mendukung kelancaran inovasi. Appathon membangun momentum dari kompetisi-kompetisi serupa yang dilaksanakan di kota-kota lainnya di Asia termasuk Changchun di Tiongkok, Makassar di Indonesia, dan Kathmandu di Nepal.

Latest