Wednesday, October 21, 2020
Home News Smartfren Mulai 'Melirik' Vendor Korea (Langsung dari Korea Selatan)

Smartfren Mulai ‘Melirik’ Vendor Korea (Langsung dari Korea Selatan)

Reportase Jurnalis Selular.ID dari Korea Selatan

-

Roberto Saputra, Direktur Smartfren
Roberto Saputra, Direktur Smartfren

Seoul, Selular.ID – Setelah selama ini kerap menjalin kerjasama dengan vendor Tiongkok, Smartfren mulai mencoba menggandeng vendor asal Korea.

Selama ini Smartfren harus menyediakan sendiri perangkat yang berjalan di jaringannya, yaitu CDMA. Yaitu dengan memesan ke vendor seperti seperti Huawei, Hisense, Coolpad, dan ZTE, yang notabene adalah vendor asal Tiongkok. Smartfren memesan produk smartphone, modem, mobile wifi dan lainnya.

Memasuki era 4G LTE, Smartfren sebenarnya tidak lagi harus bersusah payah menyediakan perangkat sendiri. Karena teknologi ini bisa menyatukan teknologi GSM dan CDMA, dengan kata lain teknologinya sudah seragam.

Namun Smartfren belum sepenuhnya meninggalkan strategi penyediaan perangkatnya sendiri. Smartfren masih menyediakan beberapa perangkat 4G-nya, seperti smartphone Andromax 4G. Termasuk juga perangkat mobile wifi untuk akses 4G. Smartfren memesan produk mobile wi-fi 4G ke beberapa vendor, yaitu Huawei, Haier dan LG Innotek.

Untuk LG Innotek, baru kali ini Smartfren menggandeng vendor asal Korea. Sebelumnya operator terlihat lebih lengket ke vendor-vendor asal Tiongkok. “Pada prinsipnya Smartfren bersikap terbuka untuk bekerjasama dengan vendor manapun” ujar Roberto Saputra, Direktur Smartfren, saat acara Smartfren Media Visit LG Innotek di Korea (5-8/10/2015). Lebih lanjut Roberto menjelaskan selama vendor bisa memenuhi spesifikasi dan harga produk yang diinginkan, maka Smartfren akan menggandeng vendor tersebut.

Latest