spot_img
BerandaNewsPerusahaan Lokal Kembangkan Teknologi Mencegah Penyadapan

Perusahaan Lokal Kembangkan Teknologi Mencegah Penyadapan

-

image

Jakarta, Selular.ID – Kasus penyadapan memang cukup mengkhawatirkan, banyak kerugian yang ditimbulkan akibat penyadapan seperti rahasia negara yang bisa di dapat dari kasus ini. Nah, untuk meminimalisir kasus ini di Indonesia PT Indoguardika Cipta Kreasi (ICK), perusahaan lokal yang bergerak di bidang Teknologi Iformasi (TI) mengembangkan teknologi khusus untuk mencegah penyadapan terjadi.

Dalam situs resminya, Agung S Bakti, President Director PT Indoguardika Cipta Kreasi, menyebutkan satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyadapan terjadi adalah menggunakan teknologi enkripsi. Namun Agung menyayangkan saat ini Indonesia  lebih sering menggunakan layanan teknologi enkripsi yang berasal dari luar negeri. Oleh karena itu, ICK mengembangkan teknologi enkripsi khusus dengan menggunakan beberapa modul enkripsi. Enkripsi sendiri merupakan proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus.

“Dengan teknologi yang dikembangkan ICK kami ingin tunjukan bahwa Indonesia juga memiliki teknologi enkripsi yang tidak kalah dengan teknologi luar negeri,” ujar Agung.

Teknologi yang digunakan adalah dengan membagi memecah aliran data menjadi 2-4 jalur, sehingga pencuri data akan sulit mengetahui isi data tersebut.

“Dengan sistem ini, meski pencuri berhasil memperoleh satu bagian data yang diinginkan, ia tidak bisa membukanya. Dikarenakan enkripsi baru bisa dilakukan ketika seluruh data sudah terkumpul,” ujar Agung.

Agung menambahkan bahwa lewat teknologi yang dikembangkan, PT ICK ingin mendukung Indonesia agar lebih berdikari. Salah satunya dalam hal IT Security. Terlebih menurutnya, layanan serupa dari luar negeri juga tidak menjamin 100% keamanannya.

Baca juga :  Pengamat: Pengawasan Jangan Hanya Pinjol Ilegal Tapi Juga yang Legal  
spot_img

Artikel Terbaru