Tuesday, October 27, 2020
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Hands-on Lenovo Phab Plus Si Smartphone Raksasa

Hands-on Lenovo Phab Plus Si Smartphone Raksasa

-

Lenovo Phab Plus
Lenovo Phab Plus

Jakarta, Selular.ID – Pasar phablet alias gabungan smartphone dan tablet, kembali kedatangan petarung baru. Lenovo menjejali pasar pablet kelas menengah di Tanah Air dengan dua produk sekaligus, yakni Phab dan Phab Plus. Selular.ID bertandang ke acara peluncuran duo Lenovo Phab tersebut, dan berkesempatan menguji Phab Plus, sebuah smartphone yang didesain seperti ponsel berukuran layar besar, bukan merupakan tablet yang bisa telepon.

Fitur menonjol dari Lenovo Phab Plus adalah layar besar Full HD 6,8 inci yang menawarkan kepadatan pixel 324 ppi (pixel per inch). Dengan bobot 229 gram, jelas ini bukan smartphone paling ringan di dunia tetapi pihak Lenovo mengklaim bahwa desain phablet ini dioptimalkan untuk penggunaan satu tangan meski layarnya cukup bongsor. Tentu saja, ini sebenarnya berkat keberadaan one-handed mode yang memungkinkan pengguna untuk mengecilkan display agarlebih mudah dikelola dan nyaman untuk digunakan dengan satu tangan. Pengaturan modus satu tangan ada di notification bar atau untuk akses cepatnyanya, Anda tinggal menggambar sudut melengkung ke bawah di layar seperti huruf C. Untuk kembali ke modus layar penuh, Anda tinggal tekan tombol escape di sudut mini windows.

Modus 'satu tangan' di Phab Plus
Modus ‘satu tangan’ di Phab Plus

Dengan ketebalan 7.6mm dan bezel tipis, desain unibody logam dari Phab Plus terasa premium. Lenovo membuat perangkat ini terlihat memanjang daripada phablet kebanyakan yang mempunyai tubuh melebar. Pada ukuran layar disematkan tiga tombol sentuh yakni back, home, dan juga recent apps yang terletak di layar ponsel bagian bawah.

Pada bagian belakang Lenovo Phab Plus, ada kamera belakang, speaker Dolby Atmos, dan logo Lenovo. Melihat punggung metal Phab Plus, mungkin mengingatkan kita atas iPhone 6 Plus. Sebelah kanan berdiam tray slot SIM, sementara di samping kiri terdapat tombol pengatur volume dan tombol power/lock. Di bagian atas, Anda akan menemukan headphone jack 3.5mm. Dan saat dibalik, bagian bawa ada port microUSB untuk transfer file atau pengisian daya.

belakang-lenovo-phab-plus

Dari sektor performa, handset ini diotaki oleh prosesor octa-core 64-bit Qualcomm Snapdragon 615 dengan RAM 2GB dan penyimpanan internal 32GB, yang dapat diperluas menggunakan slot kartu microSD. Kinerja ponsel ini didukung oleh Android 5.0 Lollipop dan baterai 3500 mAh yang Lenovo klaim bakal tahan sepanjang hari. Tentu baterai tahan lama juga menjadi key selling point, mengingat layar lebih besar biasanya memakan lebih banyak energi. Dengan dukungan dual SIM, Anda dapat menggunakan dua kartu SIM LTE pada waktu yang sama.

Dari sektor kameranya Lenovo Phab Plus ini diberikan kelebihan dengan kamera utama beresolusi 13MP. Kamera utama ini mampu mengabadikan gambar yg sangat jernih karena kamera ini juga di lengkapi dengan dual LED true-tone flash dan autofokus. Sedangkan pada kamera skundernya Phab Plus ini di berikan resolusi yang lumayan mumpuni yaitu 5MP, dengan resolusi ukuran tersebut Anda bisa menggunakan untuk foto selfie dan video call. Pengujian Selular.ID terhadap fitur kamera belum begitu mendalam, namun dalam jepretan pertama hasilnya tampak baik.

Kamera Phab Plus
Kamera Phab Plus

Latest