Sunday, July 12, 2020
Home News Enterprise Nokia Merger Alcatel-Lucent, Integrasi Fixed Line Dan Selular

Nokia Merger Alcatel-Lucent, Integrasi Fixed Line Dan Selular

-

nokia-buildingJakarta, Selular.ID – Memperbesar pangsa pasar, dua perusahaan penyedia jaringan akhirnya memutuskan untuk bersatu. Mereka adalah Nokia Networks dan Alcatel-Lucent. Empat bulan terakhir, keduanya dikabarkan dalam pembicaraan konsolidasi. Dan sekarang, perusahaan telah mengkonfirmasi hal tersebut, dengan menyebut kesepakatan itu masih dalam proses.

Kendati belum rampung, di atas kertas, kesepakatan itu menempatkan Nokia mengakuisisi Alcatel-Lucent dengan metode pertukaran saham. Merger ini akan memberikan entitas gabungan portofolio produk yang lebih luas dan skala yang lebih besar.

Seperti diketahui, Nokia Networks merupakan penyedia jaringan spesialis mobile broadband. Sementara Alcatel-Lucent memiliki posisi yang kuat di jaringan fixed line. Integrasi fixed line Alcatel-Lucent dengan penawaran kedua perusahaan bisa menjadi keuntungan bagi end user.

Memasuki era 4G, jaringan bergerak dan tetap menjadi semakin terintegrasi. Tidak memiliki jaringan fixed line menjadi kelemahan Nokia Networks. Popularitas smartphone yang terus tumbuh di seluruh dunia telah meningkatkan fokus pada jaringan mobile, tetapi jaringan broadband tetap masih diperlukan untuk memberikan konten video resolusi tinggi dan untuk menyediakan backhaul untuk jaringan Wi-Fi di rumah.

Menurut Mark Newman, kepala kantor penelitian bisnis riset telekomunikasi Ovum, kedua vendor menduduki posisi ketiga dan keempat, setelah Ericsson dan Huawei Technologies, di pasar penyedia jaringan. Aksi merger ini tentu memberi kekuatan baru yang akan membantu mereka bersaing dengan Ericsson dan Huawei.

Sementara di tubuh Alcatel-Lucent, pembicaraan akuisisi datang pada saat yang tepat, karena mereka tengah merencanakan reorganisasi, sehingga bisa bernegosiasi untuk posisi yang lebih baik.

Latest