Wednesday, November 20, 2019
Home News Ini Kehebatan Chip MediaTek Helio X20

Ini Kehebatan Chip MediaTek Helio X20

-

helioX20Jakarta, Selular.ID – Tidak dipungkiri dengan chip prosesor Snapdragon besutannya, Qualcomm merupakan pemain utama di pasar prosesor mobile dunia. Jika ada yang mengusik Qualcomm, salah satunya mungkin datang dari produsen chipset asal Taiwan, MediaTek. Sebagaimana diketahui, berkat chipset yang untuk perangkat entry level besutannya, MediaTek berhasil meraih pertumbuhan signifikan dalam tiga tahun terakhir.

Tak hanya berkutat di segmen entry level saja, MediaTek juga serius menggarap segmen high-end, lewat chipset Helio X10. Menariknya, seperti dilansir GizChina, chip Helio X10 ternyata telah menjadi pilihan beberapa vendor untuk perangkat flagship mereka. Selain itu, Helio X10 juga dilaporkan mendapatkan review yang bagus dari media internasional.
Beralihnya beberapa vendor yang kemudian memilih chip Helio X10 untuk perangkat flagship mereka, bisa jadi dilatarbelakangi sejumlah faktor. Namun, salah satu yang masuk akal mungkin bisa disebabkan lantaran kegagalan chip Snapdragon 810, yang membuat sejumlah vendor mencari alternatif lain.

Tidak berhenti pada Helio X10, MediaTek ternyata juga telah menyiapkan chip unggulan generasi penerusnya, yakni Helio X20. Chipset terbaru ini disebut memiliki arsitektur deca-core, yang terdiri dari empat core Cortex A53 dengan clock speed 1.4GHz, empat core dengan clock speed 2.0GHz untuk meningkatkan kinerja hardware, dan dua core Cortex A72 dengan kecepatan 2.5GHz.

Salah satu kelebihan dari chip Helio X20, telah diungkap MediaTek melalui akun Twitter-nya. Melalui sajian gambar, MediaTek sepertinya menunjukkan jika Helio X20 yang bakal memiliki kemampuan untuk mengambil gambar selfie 32MP plus memiliki teknologi fast focus. Hingga saat ini, memang belum terlihat adanya sensor bawaan yang mampu mengambil gambar 32 MP, tanpa bantuan software. So, dengan demikian tampaknya MediaTek ingin mempertegas bahwa chip prosesor terbarunya bisa mendukung hal tersebut.

Helio X20 diperkirakan baru akan muncul dengan beberapa perangkat baru sekitar bulan Desember 2015 atau Januari 2016. Adapun perangkat yang telah diproklamirkan datang dengan chip Helio X20, di antaranya HTC A9+ dan tablet Acer Predator.

Latest