Friday, November 15, 2019
Home News Begini Strategi Smartfren Bersaing di Era 4G

Begini Strategi Smartfren Bersaing di Era 4G

Laporan langsung dari Korea Selatan

-

smartfren-4g-lte-advancedSeoul, Selular.ID – Persaingan layanan 4G semakin sengit seiring dengan hampir semua operator dan penyedia layanan akses internet bermigrasi ke bisnis ini. Termasuk Smartfren yang siap berkompetisi dan sudah menyiapkan strategi khusus.

“Strategi pertama yang Smartfren lakukan yaitu memperluas cakupan layanan 4G kami” ujar Roberto Saputra, Direktur Smartfren, saat  acara Smartfren Media Visit LG Innotek di Korea (5-8/10/2015). Bahkan Roberto menegaskan Smartfren saat ini menjadi operator 4G dengan jangkauan terluas di Indonesia, yaitu mencakup 22 kota. “Menurut data dari OpenSignal, Smartfren menjadi operator yang paling luas coverage 4G-nya. 70% coverage Smartfren sudah ter-cover 4G LTE” ujar Roberto.

Strategi selanjutnya, Smartfren akan memfokuskan pada Carier Aggregation. Yaitu penggabungan teknologi dan frekuensi 4G, sehingga kecepatan akses yang didapat bisa semakin cepat. “Smartfren mengembangkan apa yang disebut dengan LTE Advance” ujar Roberto.

Strategi ketiga yang dilakukan Smartfren yaitu terkait penyediaan perangkat 4G. “Menurut sebuah survey, pengguna di Indonesia baru akan mengganti smartphone-nya jika sudah menggunakan smartphone minimal selama 20 bulan. Dan faktor harga menjadi faktor penting untuk mengganti smartphone” ungkap Roberto.

Lebih lanjut Roberto menegaskan smartphone 4G yang ada saat ini masih terbilang mahal. “Oleh karena itu Smartfren menghadirkan mobile wifi, bagi pengguna yang belum ingin berganti ke smartphone 4G” tambahnya. Masih menurut Roberto, masih susah menyediakan smartphone 4G dengan harga di kisaran Rp500 ribu ke bawah. Makanya Smartfren menyediakan mobile wifi yang dijual di kisaran harga itu.

Selanjutnya, masih terkait perangkat 4G, Smartfren juga menyediakan smartphone 4G dengan harga terjangkau, yaitu di kisaran Rp 1 jutaan.

“Itulah langkah awal yang dilakukan Smartfren untuk mempercepat pengembangan layanan 4G di Indonesia yang baru saja dimulai” ujar Roberto. Selanjutnya dia menjelaskan Smartfren juga sudah menyiapkan strategi lainnya agar pengguna semakin tertarik dengan layanan 4G.

Latest