Tuesday, October 27, 2020
Home News Sony Pajang Ponsel Layar 4K, Tapi Kok Terasa 1080p?

Sony Pajang Ponsel Layar 4K, Tapi Kok Terasa 1080p?

-

Sony Xperia Z5 Premium
Sony Xperia Z5 Premium

Jakarta, Selular.ID – Mempunyai sebuah smartphone dengan layar Ultra HD 4K mungkin terdengar keren bagi sebagian orang, terutama bagi gadget-freak. Resolusi layar 4K sendiri diklaim lebih tajam jika dibandingkan dengan resolusi layar Quad HD atau disingkat QHD. Namun, apakah Anda benar-benar bisa membedakan dengan jelas antara layar smartphone 4K dan layar QHD?

Beberapa kalangan sempat mengutarakan pendapat bahwa penggunaan resolusi layar tinggi hanya sekadar bualan karena mata manusia sulit membedakan resolusi 4K pada layar smartphone yang berukuran kecil itu. 4K hanya bisa dinikmati dan dirasakan mata pada ukuran layar televisi.

Sebuah analisa yang dilakukan oleh Ray Wong dari Mashable, semakin mengaburkan perbedaan besar pada layar 4K di smartphone dengan resolusi layar yang beredar saat ini. Ia menjajal Sony Xperia Z5 Premium yang diklaim telah membawa resolusi layar 4K menakjubkan. Namun bukannya melihat layar 4K, yang Wong lihat hanya Xperia Z5, model Full HD 1080p.

Sony memamerkan Xperia Z5 Premium pada acara IFA 2015, di Berlin, Jerman. Anehnya, pihak Sony tidak memperbolehkan setiap pengunjung untuk menyentuh produk. Sebaliknya, pihak Sony hanya membiarkan pengunjung untuk melihat dari jarak yang aman agar ter-sugesti perbedaan layar 4K dibandingkan dengan layar biasa.

Selama pameran, booth Sony memiliki bagian terpisah di mana Z5 Premium tidak ditempatkan di bawah kaca, namun malah memasangnya ke dinding. Di sini, Sony memamerkan warna dan kontras yang lebih baik pada layar 4K dibandingkan dengan layar konvensional, yang justru tampak seperti panel 1080p dan QuadHD.

“Saya suka layar resolusi tinggi. Tapi kita semua tahu bahwa kebanyakan orang tidak bisa membedakan antara layar 1080p dan layar QuadHD ketika memegang ponsel mereka yang berukuran 10-12 inci dari wajah mereka, kata Wong.

Latest