spot_img
BerandaReview Smartphone & Gadget TerlengkapReview Advan Vandroid X7: Pertama Berotak Intel Performa Kurang Nyetel

Review Advan Vandroid X7: Pertama Berotak Intel Performa Kurang Nyetel

-

Advan-x7 Masih serius dikelas tablet, Advan kembali merilis tablet 7 inci yang diberinama Vandroid X7. Unggulkan kemampuan telpon dan SMS, tabet ini berotak Intel Atom ini juga dibekali kemampua Kemampuan akses internet 3G HSDPA. Bagaimana peformanya?

[quote_box_center]Kelebihan:
• Prosesor SoC Intel Atom
• Bisa telpon & SMS
• Koneksi 3,5G HSDPA
Kekurangan:
• kinerja kurnag mumpuni
• Layar kurang terang
• Kapasitas baterai kecil[/quote_box_center]

Desain
Secara bentukan Advan Vandroid X7 sama sepeerti tablet yang beredar dipasaran saat ini. Memiliki dimensi standart untuk sebuah tablet 7 inci, X7 masih nyaman dibawa kemanapun. Hal ini berkat sisi bodi yang dibuat membulat sehingga tubuhnya erasa ergonomis dan tiak mudah licin saat ditenteng.

Untuk melakukan panggilan atau penerimaan telpon, lubang earpiece bisa memanfaatkan untuk menerima suara.  Selain itu pengguna masih dapat menggunakan loudspeaker. Namun begitu kami sarakan untuk menggunakan earphone bawaan paket penjualan, sehingga kualitas suara lebih jelas dan jernih.

Vandroid X7 memiiki kemampuan dua slot SIM card dan slot microSD yang berada di cover belakang-bawah bodi. Pada bagian tersebut pengguna membukanya untuk mengakses dua slot tersebut.

Pada bagian depan pengguna akan menemukan speaker yang berguna saat melakukan panggilan. diatas layar dan kamera depan yang dapat digunakan untuk foto selfie.  Advan tidak menempatan tombol apapun pada bagian ini. Akan tetapi pengguna dapat mengakses tombol navigasi melalui tombol virtual yang tersedia dilayar.

FiturTombol fisik baru akan nampak disebelah kaan yang terdiri dari tombol volume dan lock. Komponen lainnya juga dapat ditemukan disebelah atas yang terdiri dari port microUSB dan port 3.5mm.

[nextpage title=”Layar “]
Layar

Menggunakan layar  7 inci beresolusi 1024 x 600 piksel, pegguna akan merasakan tampilan yang jelas dan terang. Bahkan secara umum performa layar tablet Vandroid X7 terbilang baik. Layar mampu menampilkan tempilan yang naman dimata. Sayangnya saat dipakai di luar ruangan di bawah sinar matahari langsung, layar tidak terlalu terlihat jelas dan terbilang kurang nyaman.

Dibalut dengan sistem operasi OS Android 5.1 Lollipop, Advan tidak menambahkan interface apapun pada tampilan. Artinya pengguna akan disajikan dengan tampilan default dari Android.

interfacePada tampilan homescreen terdapat tiga panel yang dapat ditambahkan sesuai keinginan. Beralih masuk ke bagian dalam app drawer akan muncul semua aplikasi yang terinstall didalamnya. Begitu juga pada bar notifikasi yang  tersambung dengan pengaturan koneksi.

[nextpage title=”Intel Atom”]
Intel Atom

Vandroid X7 merupakan tablet pertama yang menggunakan chipset prosesor Intel Atom X3 (SoFIA). Mendukung empat inti prosesor 1,04GHz dan RAM 1GB, tablet ini mampu menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Dengan koosisi spesifikasi yang dimilikinya dirasa cukup, untuk sekadar menjalankan aplikasi-aplikasi dasar seperti browsing, sosial media, chat.

Baca juga :  Pertarungan Spesifikasi : Xiaomi Pad 5 VS Huawei Matepad 10

behmarkDengan  chipset Intel Atom X3 (SoFIA), konsumsi baterai di Vandroid X7 terpantau lebih irit. Namun begitu Advan masih dibekali dengan kapasitas baterai 2500mAh. Untuk menghemat daya produsen smartphone dan teblat asal Indonesia ini juga membenamkan fitur “hemat baterai”.

Diuji menggunakan menggunakan AnTuTu Benchmark tablet ini mampu mendapatkan  Skor 14 ribuan. Sayangnya saat digunakan game HD Furious Racing kinerja masih terbilang lambat dan terasa kurang lancar. Beda kinerja saat kami menggunakannya untuk menonton video HD yang dapat diputar dengan lancar tanpa masalah.

Baca juga :  Motorola merilis TAB Entry Level, apakah akan dijual di Indonesia ?

[nextpage title=”Multimedia”]
Multimedia

Untuk mendukung kemampuan multimedia, Vandroid X7 dibekali aplikasi pemutar musik,pemutar video dan radio FM. Pada pemutar musik, pengguna dapat memutar beragam jenis file audio, seperti mp3, wav, dan lainnya. Penggunanya dipersilahkan untuk melakukan pengaturan melalui efek suara/Equalizer.

Pada pemutar pemutar video, Advan Vandroid X7 juga mampu memutar file video dengan lancar. Terbukti saat kami mencoba memutar file video mp4 dengan kualitas Full HD 1080p, dapat diputar tanpa ada masalah, plus menampilkan subtitle didalamnya. Selain kedua fitur diatas masih ada radio FM dapat memanjakan pengguna untuk mendengatkan siaran radio favorit.

Fitur2Memanfaatkan memori internal 8GB dan slot microSD hingga kapasitas 32GB pengguna bisa menyimpan puluhan, ratusan hingga ribuan file musik-video. Dengan fitur efek suara, dendangan musik terdengar cukup apik di telinga, yang pastinya lebih yahud dinikmati vie earphone. Jika sebatas memanfaatkan louspeaker, maka keluaran suara pun terdengar datar.

[nextpage title=”Kamera”]
Kamera

Advan Vandroid X7 Dibekali dengan dua buah kamera, yakni 2 MP dibagian belakang dan kamera VGA untuk kamera depan. Memiliki resolusi standart, Advan membenamkan fitur yang tidak banyak pula. Namun begitu pengguna dapat menggunakan fitur seperti effect,timer, beauty shot dan lainnya.

KameraUntuk hasil jepretannya sendiri terbilang biasa saja alias tak istimewa. Tidak hanya itu, gambanya juga tidak tidak tajam dan pewarnaan kurang natural. Hasil kamera pada kondisi low light napak banyak noise, bahkan cenderung buram. Tidak hanya hasil foto perekaman video juga kurang memuaskan.

[nextpage title=”Konektivitas “]
Konektivitas  

Akses internet di Vandroid X7 dibekali kemampuan akses HSDPA. Selebihnya akses dunia maya bisa ditangani dengan menggunakan WiFi (wi-fi hotspot). Koneksi lainnya masih tersedia Bluetooth dan port USB yang mendukung USB-OTG (on-the-go).

konektivivas

spot_img

Artikel Terbaru