Beranda Fokus Layanan 4G Yang Akan Booming

Layanan 4G Yang Akan Booming

-

IMG_2015090632913Jakarta, Selular.ID – Akses internet mobile berkecepatan tinggi sudah di depan mata. Pertanyaannya, layanan apa yang akan sukses berjalan di atas kecepatan itu ?

Layanan akses 4G akhirnya secara komersil resmi tersedia di Indonesia. Setelah tahun lalu layanan yang berbasis teknologi teknologi LTE ini masih dalam masa percobaan, di awal tahun ini layanan 4G sudah bisa dinikmati pengguna. Meski di tahap awal kehandalannya belum terlalu memuaskan, karena masih berjalan di frekuensi 900 MHz.

Namun memasuki semester kedua tahun ini, layanan 4G di Indonesia mulai menampakan kemampuannya ketika sudah secara resmi berjalan di frekuensi 1.800 MHz. Operator pun semakin percaya diri untuk menawarkan aplikasi dan layanan baru yang lebih menarik, atraktif dan interaktif dengan kecepatan akses 10 kali lebih cepat dibandingkan 3G.

Apa saja aplikasi atau layanan yang diprediksikan bisa menjadi killer app di era 4G ? Untuk menjawab pertanyaan ini, Indonesia yang baru saja melangkahkan kakinya ke era 4G sepertinya harus berkaca pada negara lain yang sudah lebih dulu menggelar layanan 4G. Dan berikut ini beberapa layanan yang dinilai cukup menuai sukses pada era 4G :

 

1. Live Mobile Video

Saat ini hampir semua smartphone sudah dibekali dengan fitur kamera berkemampuan tinggi. Selain berresolusi besar, kamera smartphone juga sudah mengadopsi teknologi kamera profesional. Tidak hanya hasil foto yang terlihat bagus, video hasil rekaman kamera smartphone juga terlihat tajam.

Konten video inilah yang diprediksikan akan booming di era 4G. Hal ini pun sudah diprediksikan jauh-jauh hari oleh Ericsson. Vendor penyedia jaringan ini mengungkapkan bahwa pertumbuhan akses koneksi jaringan generasi keempat yang dikenal dengan 4G atau LTE, dipicu oleh banyaknya konten video di semua industri.   “Banyak orang akan menonton secara streaming, video on-demand dibanding siaran TV setiap minggunya, video memiliki porsi setengah dari lalu lintas data seluler. Pertumbuhan ini akan melebihi 80 persen,” jelas Hans Vezrberg, CEO Ericsson.

Sebenarnya tren akses video sudah di mulai di era 3G. Konten video semakin banyak dijumpai di berbagai aplikasi dan layanan, terutama di jejaring sosial. Di era 4G akses terhadap konten video diprediksikan akan semakin meningkat, terutama yang bersifat live video. Karena juga didukung kemampuan perangkat mobile menghasilkan video berkualitas bagus.

Ke depannya, akses video yang berjalan di akses internet cepat 4G, akan banyak dimanfaatkan oleh perusahaan professional broadcasting, seperti stasiun TV. Ketika akses 4G sudah sanggup untuk diandalkan  mengangani data broadcast berkualitas tinggi dengan kapasitas besar, maka bukannya tidak mungkin akan menggantikan akses satelit yang selama ini digunakan.

Sebuah developer  bernama  Nomad Innovations , menawarkan perangkat modem LTE yang bisa dipasangkan pada kamera video professional. Fungsinya bisa menggantikan koneksi satelit saat sedang di lapangan. Di mana video hasil shooting bisa langsung dikirimkan via akses 4G.

Bentuk konten live video lain yang diprediksikan akan menjadi killer apps di era 4G yaitu video conference. Ini tidak lepas dari kemampuan kamera depan di perangkat yang juga semakin canggih. Di mana resolusinya sudah semakin besar. Ditunjang akses 4G pada perangkat, maka video conference akan booming. Tanda-tandanya sudah terlihat sejak era 3G, yaitu ketika layanan seperti Skype dan Oovoo. Di Amerika sendiri operator Verizon secara khusus memberikan dukungan kepada aplikasi Skype pada smartphone yang dipasarkannya.

 

2. Mobile/Portable Gaming

Kehadiran akses cepat 4G, bisa menjadi seperti jalan toll bagi para pengembang games mobile. Mereka kini bisa lebih leluasa mengembangkan genre games yang lebih atraktif dan interaktif. Apalagi diprediksikan para pecandu online game akan menjadi salah satu pengguna terbesar akses 4G.

Vendor perangkat portable 4G Wi-Fi routers,  Sprint’s Overdrive  dan Clearwire’s Clear Spot, mencoba mengkoneksikan perangkat game dengan akses 4G. Perangkat ini akan menerima sinyal 4G, lalu mentransfernya ke perangkat game melalui jaringan WiFi skala kecil.

Selama perangkat game sudah dilengkapi koneksi WiFi, maka bisa dengan mudah menggunakan modem portable untuk membagi jaringan 4G mulai dari lima hingga delapan perangkat sekaligus. Ini tentu menjadi jalan keluar bagi perangkat game yang memang tidak mendukung koneksi 4G.

 

3. Cloud-Based Apps

Pemanfaatan akses 4G juga bisa dimaksimalkan pada layanan cloud computing. Terutama bagi para perusahaan yang membutuhkan akses terhadap layanan transaksi yang membutuhkan aliran data besar yang tersimpan di internet. Beberapa contoh layanan ini seperti  Salesforce.com . Jika jalur dari cloud ke perangkat mobile bisa lebih cepat sepuluh kali lipat, seperti yang dijanjikan 4G, layanan cloud akan lebih bisa diandalkan, lebih fungsional dan aman.

Dan sebenarnya berbagai layanan yang sudah dinikmati saat ini sudah mengadopsi layanan cloud computing. Misalnya video streaming atau on demand. Bahkan pemirsa televisi di Amerika  kini lebih suka menonton tayangan televisi atau film secara streaming dari penyedia layanan streaming seperti Hulu.com and Netflix.com.

Selain televisi, layanan berbasis cloud juga membuka peluang baru bagi penerbit media cetak seperti majalah dan Koran. Di mana dengan akses 4G dan perangkat mobile berlayar lebar , mereka bisa menawarkan konten yang lebih menarik. Tak sekedara bacaan teks digital, tapi bisa dipadukan dengan konten foto dan video. Bahkan konten yang disajikan bisa dikustomisasi.  Dan itu semua tentu membutuhkan kecepatan akses yang tinggi.

 

4. Navigation With Augmented Reality

Aplikasi navigasi yang biasanya dipadukan dengan peta digital, seperti Google Maps dan lainnya, menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh saat era 3G. Lalu apa yang akan berbeda dengan kehadiran akses 4G ?

Dengan kecepatan tinggi yang dijanjikan 4G, layanan navigasi peta digital bisa dikembangkan dan dipadukan dengan  augmented reality . Sehingga bisa menampilkan tampilan tambahan berupa grafis real-time yang lebih aktraktif.

Contoh penggunaannya misalkan dengan mengarahkan viewfinder kamera ke suatu lokasi tertentu, maka pada viewfinder kamera akan muncul tampilan peta digital dan grafis berupa titik lokasi  restoran yang ada di sekitar. Lebih canggih lagi, bayangkan jika ada helm yang dilengkapi kamera dan akses 4G, di mana pada tampilan kaca helm yang dilihatnya akan muncul tampilan grafis peta digital dan grafis  augmented reality  dari titik lokasi tertentu di area berada.

Aplikasi augmented-reality navigation juga bisa dikembangkan pada sistem dashboard mobile ( in-car systems ). Seperti yang sudah dibuat pada Ford’s Sync dan General Motors’ OnStar. Sistem ini mengintgerasikan antara aplikasi navigasi, layar pada dashboard , antena, GPS systems, dan sumber power pada mobil.

 

5. Emergency Response and Telemedicine

Akses 4G diprediksikan juga bisa menyediakan layanan medik dan gawat darurat (kantor polisi, pemadam kebakaran dan rumah sakit) dengan respon yang lebih baik dan cepat.  Perusahaan raksasa jaringan, Cisco, dan operator AT&T sudah mengembangkan layanan medik dengan memanfaatkan akses 4G.

Salah satu contoh penggunaan akses 4G yaitu untuk mengirimkan file besar (misalnya hasil X-Ray) dengan cepat. Tidak hanya itu, juga bisa menyediakan layanann video interaktif yang bisa dimanfaatkan oleh dokter unutk memonitoring dan memberikan arahan bagi pasien. Ini tentu juga bisa menjadi solusi bagi layanan kesehatan bagi daerah-daerah. Di mana dokter bisa melakukan ‘kunjungan’ ke pasien di daerah-daerah cukup dengan video teleconference.

Berbagai layanan killer apps di atas memang belum tentu bisa berkembang di negara-negara lain. Karena menyesuaikan dengan kondisi yang setiap negara. Tapi setidaknya itu bisa menjadi gambaran layanan dan aplikasi apa saja yang akan menjadi killer apps di era 4G. Sukses-tidaknya aplikasi itu tentu berpulang kembali kepada minat pengguna terhadap aplikasi tersebut. (edk)

 

Buyer's Guide

Samsung Galaxy A21s Kini Tampil dengan Warna dan Memori...

Jakarta, Selular.ID - Samsung Indonesia kembali menghadirkan varian baru dari Galaxy A21s. Perangkat lini...

7 Smartphone Xiaomi dengan Fast Charging Hingga 65W

Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu kami menghadirkan panduan belanja tujuh smartphone Xiaomi dengan fitur...

5 Smartphone Oppo dengan Quad Camera Terbaik

Jakarta, Selular.ID -   Kamera kini menjadi salah satu fitur penting dalam memilih sebuah smartphone....

Smartphone Refresh Rate 90Hz Harga Rp2 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Bagi penggemar game mobile, teknologi refresh rate sangat diperlukan supaya bisa...

Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold Meluncur di Indonesia

Jakarta, Selular.ID - Xiaomi kembali merilis anggota baru dari jajaran Redmi 9 Series. Perangkat...

Oppo Reno4 Pro Banting Harga

Jakarta, Selular.ID - Memasuki bulan November, dua ponsel Oppo mendapat penyesuaian harga. Baru diluncurkan...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait