Sunday, August 18, 2019
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Review : Sony Xperia C4 Dual , Cocok Bagi Selfies Addict

Review : Sony Xperia C4 Dual , Cocok Bagi Selfies Addict

-

sony-xperia-c4-dualKegiatan selfie semakin banyak digemari oleh pengguna smartphone. Oleh karenanya Sony terus mengembangkan smartphone jenis ini, termasuk pada smartphone terbarunya, yakni Xperia C4 Dual. Smartphone ini merupakan penerus smartphone selfie sebelumnya Xperia C3 yang juga unggulkan kamera depan. Bagaimana kemampuannya.

[quote_box_center]Kelebihan
–   Kamera Depan 5 megapiksel
–   Kamera depan 13 megapiksel
–   Mensupport 4G LTE

Kekurangan
–    Tidak anti air[/quote_box_center]

 

Desain

Tidak seperi seri Z yang menganut desain Omni-Balance, C4 Dual tetap cantik dengan desain yang tipis. Menghilangkan siku disetiap sudutnya dapat memudahkan pengguna untuk memegang sekaligus menggunakannya. Sony menambahkan bumper ada sproteksi terhadap bodi smartphone. Tidak sepanjang sisinya tersambung pada semua sisi, bumper ini terputus karena ada pelindung slot two nano-SIM dan satu microSD.

Dibagian depan Xperia C4 Dual tidak menempatkan satu tombol fisik atau sentuh. Tombol navigasi hanya muncul ada layar. Dilayar akan muncul tiga tombol navigasi standart Android (Back, Home dan Recent Apps). Selain layar pada bagian ini tersedia kamera depan yang cukup besar dengan resolusi 5 MP, yang ditemani dengan LED flash.

Namun begitu, karakterstik seri Z juga masih nampak pada tombol alumunium power. Selebihnya Sony juga membenamkan tombol volume dan tombol shutter dan slot microSD dan dua slot microSIM pada sisi yang sama, yakni disebelah kanan. Disisi sebaliknya Anda akan menemukan port microUSB yang bergunakan untuk mentransfer data atau mengisi daya baterai.

Dibagian belakang smartphone ini dibuat dengan bahan material soft matte plastik. Pada sisi ini Anda akan menemukan kamera belakang yang dilengkapi dengan LED Flash. Sementara pada bagian atas tersedia jack headphone standard 3.5mm.

 

Display

Sony Xperia C4 datang dengan layar 5.5 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel Full HD dengan teknologi panel IPS dengan kerapatan piksel 401ppi. Dengan teknologi Sony Mobile BRAVIA Engine 2 tampilan pada layar nampak sangat bagus dan nyaman dimata. Memiliki layar besar, Xperia C4 punya bezel yang cukup tipis. Dengan layar ini, pengguna akan diberikan kenyamanan pada mata, meski menggunakannya dalam waktu yang cukup lama, apalagi dalam menonton video HD, yang mampu menampilkan gambar cukup tajam dan jernih.

Menggunakan OS Lollipop 5.0, Sony masih menyematkan Interface Sony XperiaUI dengan tetap mempertahankan beberapa tampilan OS. Pada Anda masih merasakan interface khas Sony Xperia.

sonyc4dual

Membuka halaman lockscreen pengguna harus men-swipe keatas. Selebihnya pengguna akan mendapatkan jalan pintas untuk menuju ke fitur kamera dan dialer. Selain dengan menswipe keatas dalam keadaan layar terkunci anda dapat membuka lockscreen. Sayangnya, Xperia C4 dual tidak memiliki fitur double-tap-untuk mengaktifkan layar, seperti yang ditemukan pada Xperia Z3 +, akan tetapi Anda hanya dapat mengaktifkan layar melalui tombol power saja.

Pada layar homescreens, pengguna dapat menambahkan hingga tujuh panel homescreen, dimana salah satunya dapat dipilih sebagai Home. Empat shortcut aplikasi tersedia langsung secara default, dimana shortcut ini bisa ganti sesuai keinginan.

Masuk kehalaman menu terdapat daftar aplikasi dengan tampilan grid 4×5, sayang Anda tidak dapat mengubah itu. Aplikasi dapat disusun menurut abjad, aplikasi yang sering digunakan, pengaturan sesuai keinginan. Pada panel notifikasi Sony tidak mengubahnya sedikitpun. Artinya ada dua tingkatan yang dapat ditampilkan dengan menswipe dari atas kebawah.

Xperia C4 memiliki fitur penggunaan dengan satu tangan (one-handed operation) fitur ini dapat membantu pengguna yang sulit menggunakan layar besar.

 

Kamera

Menyasar kalangan pecinta selfie, Sony Xperia C4 Dual juga menggunakan sensor 5 MP Exmor R pada kamera depan kamera. Selain dapat menghasilkan gambar jernih. Pengguna juga dapat mengambil foto selfi meski dalam keadaan gelap, karena kamera depan juga sudah dilengkapi dengan LED flash.

Sony Xperia C4 Dual juga dibekali kamera utama 13MP sensor Exmor RS. Kamera ini mampu menghasilkan resolusi maksimal 4096 x 3072 pixels pada aspek rasio 4:3. Kamera ini dilengkapi dengan single-LED flash yang dapat membantu pengguna untuk mengambil foto pada kondisi low-light. Xperia C4 untuk membantu pengguna dalam mengambil foto, Sony membenamkan tombol kamera, sehingga dapat mempercepat akses kamera, baik untuk mengambil foto maupun merekam video.

Sony telah menyediakan fitur modus pengambilan pada Xperia C4, seperti Superior, HDR, Superior Auto, Manual, panorama, style portrait, AR Mask, Face in picture, Sound Photo, AR Fun, Multi camera, AR Effect dan lainnya, bahkan pengguna bisa mendownload fitur lain melalui OTA (Over The Air).

Untuk interfacenya sendiri, Sony menyatukan fitur pengambilan foto dan video, sehingga pengguna tidak perlu menswitch saat mengambil foto maupun merekan video.

Sony Xperia C4 memiliki kemampuan merekam video hingga 1080p / 30fps, selain dapat mengambil pada modus HDR pada resolusi maksimal, Sony juga memiliki kemampuan untuk merekam video sengan slow motion atau timelapse dengan 1080p / 60fps.

Hasilnya sangat bagus, baik saat mengambil foto maupun video. Artinya foto yang dihasilnya cerah, jernih dan tajam baik dalam kondisi pencahayaan yang terang maupun pada pencahayaan yang tidak terang.

 

Multimedia

Xperia C4 memiliki fitur music player bernama Music. Secara tampilan aplikasi ini akan mengurutkan lagu Anda berdasarkan Artist, Albums, Playlists, all songs. Dimaninkan secara background,  musik player akan menampulkan album art pada tampilan lockscreen beserta dengan control navigasi.

Sony juga mengembangkan pengaturan Walkman player dengan pilihan ClearAudio+ dan Dynamic normalizer yang diklaim mampu menghasilkan kualitas yang bagus. Ada juga Sound enhancements yang menawarkan pengaturan beberapa pengaturan equalizer presets dan pengaturan manual manual termasuk pengaturan Clear Bass. Dengan pengatusan ini pengguna dapat menyesuaikan telinga pengguna pada setiap lagu yang akan dimainkan.

Selain musik player, Sony telah menyediakan fitur FM Radio, lengkap dengan dukungan RDS. Aplikasi ini terintegrasi langsung dengan TrackID untuk mengenali lagu  yang diperdengarkan.

Terakhir pada fitur multimedia tersedia video player yang mampu memutar beragam format file, seperti AVI (DivX, XviD), MP4, WMV bahkan MKV dan MOV. sayangnya aplikasi video player ini tidak mendukung custom subtitles.

 

Dual SIM LTE

Datang dengan dua varian single dan dual SIM,dua varian Sony Xperia C4 memiliki kemampuan unuk dapat terhubung pada jaringan Cat.4 LTE. Koneksi lainnya, tersedia pula koneks i lokal Wi-Fi dengan Wi-Fi Direct dan hotspot. Selain itu masih ada Bluetooth 4.1 dengan A2DP. Sementara untuk koneksi navigasi, pengguna dapat memanfaatkan koneksi GPS dengan A-GPS dan dukungan GLONASS. Meski tidak memiliki port IR infrared, namun penguna masih dapat menggunakan koneksi NFC

Terakhir yang tidak terlupakan masih ada koneksi kabel melalui port microUSB 2.0 untuk mengisi daya baterai atau koneksi data. Tidak hanya itu port ini juga sudah mendukung USB OTG yang dapat langsung anda gunakan untuk membaca flash drive dengan menggunakan kabel OTG.

 

Kinerja

Sebagai smartphone kelas menengah, Xperia C4 Dual dibekali dengan chipset Mediatek MT6752 SoC, dengan prosesor Octacore Cortex-A53 dengan kecepatan 1.7GHz. Sedangkan untuk GPU Sony mempercayakan Mali-T760MP2 untuk menangani kinerja grafis. Didukung dengan RAM 2GB smartphone ini diklaim memiliki kinarja yang mumpuni.

Pada saat menggunakannya membuka beragam aplikasi, Xperia C4 Dual mampu menjalankan semua perintah dnegan respon yang cepat. Untuk menimpan data masih ada memori internal 16 GB. Jika kurangmasih ada slot microSD yang dapat menambahkan memori hingga 128 GB.

Untuk kinerjanya pada saat diuji dengan menggunakan Antutu benchmark Xperia C4 mampu mendapatkan skor dikisaran 40 ribuan. Dengan menggunakan prosesor octa-core ini membantu pemrosesan atau kinerja ponsel sehingga dapat digunakan tanpa lag.

Sony Xperia C4 menggunakan baterai berkapasitas 2,600mAh, dengan kapasitas ini Xperia C4 mampu pemutaran video selama 6 jam, dengan pengaturan layar 50%. (edk)

Latest