Smartfren Akan Menyediakan Smartphone 4G Yang Bisa Untuk Semua Operator

Roberto Saputra, Direktur Smartfren (foto: Nisa-Selular)
Roberto Saputra, Direktur Smartfren (foto: Nisa-Selular)
Roberto Saputra, Direktur Smartfren (foto: Nisa-Selular)

Yogyakarta, Selular.ID – Smartfren akan meluncurkan smartphone yang mendukung jaringan 4G LTE miliknya, bahkan juga bisa dipakai di jaringan 4G operator lain.

 

Roberto Saputra, Direktur Smartfren, menjelaskan bahwa 4G merupakan teknologi netral. Operator GSM dan CDMA tidak lagi berbeda ketika menyangkut akses data di jaringan 4G. Karena itu, smartphone 4G bisa digunakan untuk kedua jaringan.

 

Guna mengedukasi hal tersebut ke masyarakat, anak usaha Sinar Mas itu segera mengeluarkan smartphone 4G netral yang lebih dikenal dengan istilah global phone. “Kami masih mengujinya. Bulan depan mudah-mudahan sudah tersedia di pasaran,” ujar Roberto di sela-sela acara network drive test di Yogyakarta (26/8/2015).

IMG_2015082726114

Kendati nantinya akan dibundling dengan Smartfren, global phone tersebut juga bisa digunakan untuk kartu 4G dari operator lain.

 

Sebagai ponsel 4G netral, imbuh Roberto, ia akan mendukung semua frekuensi yang digunakan pada jaringan 4G di seluruh dunia.

 

Smartfren sendiri menggunakan frekuensi 850MHz untuk jaringan 4G berbasis FDD LTE (Frequency Division Duplex), dan 2300MHz untuk TDD LTE (Time Division Duplex). Sedangkan untuk layanan telepon (voice dan SMS), operator menggunakan frekuensi 800MHz dan 1900Mhz.

 

Sementara operator GSM di tanah air menggunakan frekuensi 900MHz dan 1800MHz untuk jaringan 4G.

 

Nah, global phone ini mendukung semua frekuensi tadi, sehingga bisa digunakan untuk layanan 4G dari operator mana saja di dunia.

 

Smartphone 4G ini nantinya tidak lagi mengusung merek Andromax. Roberto memaparkan bahwa smartphone tersebut akan menggunakan merek mereka sendiri. “Smartfren hanya sebagai mitra bundling” ujarnya. Mengenai harga, global phone akan dibandrol lebih mahal dari Seri Andromax 4G milik Smartfren. (edk)