Tuesday, October 27, 2020
Home News Bayar Busway Cukup Tempelkan Ponsel ke Mesin Loket

Bayar Busway Cukup Tempelkan Ponsel ke Mesin Loket

-

IMG_20150813_190943Jakarta, Selular.ID – Transaksi dengan mendekatkan ponsel ke mesin pembayaran sebentar lagi menjadi nyata di Indonesia. Indosat hari ini memperkenalkan produk baru bernama D-Tap, yaitu layanan pembayaran dengan teknologi nirkontak berbasis NFC (near field communication).

Prashant Gokarn, Chief Strategy & Planning Officer Indosat, mengatakan bahwa untuk saat ini, D-Tap akan berbentuk kartu layaknya kartu ATM. Namun dalam tiga bulan kemudian, perusahaan akan meluncurkan D-Tap dalam bentuk SIM card, sehingga bisa ditanam di dalam ponsel.

Dengan begitu, konsumen bisa bertransaksi lebih cepat dan mudah, seraya mendukung program pemerintah dalam menghidupkan cashless society.

Fungsi D-Tap serupa dengan kartu uang elektronik yang dikeluarkan perbankan (Flazz, E-money, Brizzi, dll), yakni bisa untuk berbelanja, membayar transportasi, atau transaksi online.

Sebagai permulaan, pelanggan sudah bisa memanfaatkan D-Tap untuk membayar Commuter Jakarta, belanja di Alfamart atau Indomaret, kemudian untuk bertransaksi di Dinomarket atau elevenia. “Mendatang, D-Tap bisa untuk naik Busway,” ujar Prashant.

Perbedaannya, kalau kartu perbankan hanya bisa mengisi saldo dari bank bersangkutan, maka D-Tap bisa isi saldo dari ATM Bersama, dari Indosat Dompetku‎, serta modern channel mitra Indosat.(Ind)

Latest