Antisipasi Teroris, Negara Ini Blokir Seluruh Layanan BlackBerry

BlackBerry
BlackBerry
BlackBerry

Jakarta, Selular.ID – Kabar kurang sedap kembali membayangi BlackBerry. Pemerintah Pakistan akan menutup layanan email dan BlackBerry Messenger (BBM) mulai 1 Desember tahun ini. Menurut otoritas telekomunikasi Pakistan (PTA) akhir pekan lalu, pemerintah setempat sengaja mengeluarkan keputusan itu atas alasan keamanan nasional.

“PTA telah memerintahkan kepada operator mobile lokal lokal untuk menutup layanan pesan BBM karena alasan keamanan,” ujar keterangan tertulisnya.

PTA menjelaskan alasan penutupan karena layanan tersebut digunakan untuk komunikasi militansi dan kriminal. Alasan ini cukup mencengangkan, pasalnya BlackBerry sangat terjamin soal keamanan layanannya, baik untuk enterprise maupun pemerintahan.

Tapi di balik itu, justru ketatnya enkripsi data pada BBM dan email di layanan BlackBerry yang menakutkan bagi pemerintah setempat. Disinyalir ini akan menyulitkan bagi polisi dan agen intelijen jika memerlukan data dalam kasus penyelidikan. Pemerintah Pakistan khawatir terhadap teroris yang akan menggunakan ponsel BlackBerry untuk berkirim pesan secara rahasia.

Pihak BlackBerry belum berkomentar soal hal ini. BlackBerry dikabarkan memiliki masalah yang sama di negara lain seperti India, UEA, Arab Saudi dan Indonesia. Di mana negara-negara tersebut meminta BlackBerry untuk membuka akses data.